Bupati Bogor Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasil


BisnisBogor – Pemerintah Kabupaten Bogor menggelar upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong Upacara dimulai pukul 07.30 WIB, Senin (1/10/2018). Bupati Bogor, Hj. Nurhayanti bertindak sebagai Pembina Upacara dalam momentum ini.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila diikuti oleh seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Bogor. Upacara ini rutin digelar setiap tahun oleh Pemkab Bogor untuk memperkokoh Pancasila sebagai dasar negara.

Dalam upacara itu dilakukan pembacaan Ikrar Kesaktian Pancasila oleh Bupati Bogor, Hj. Nurhayanti.

Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya

Bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara.

Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nila-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Jakarta, 1 Oktober 2018
Atas Nama Bangsa Indonesia
Ketua DPR RI,

H Bambang Soesatyo, S.E, M.B.A

Bupati Bogor mengatakan momentum Hari Kesaktian Pancasila harus dijadikan momen mempererat persatuan sesama warga Bangsa Indonesia. “Hari kesaktian Pancasila merupakan momentum untuk kokohkan persatuan dan kesatuan anak bangsa,” katanya

Ia juga menuturkan, Pancasila mampu menjaga NKRI jika dipegang bersama, karena Indonesia sendiri terbentuk dari berbagai macam suku dan agama. Justru perbedaan yang ada di Indonesia menjadi kekuatan luar biasa bagi Bangsa Indonesia yang tidak dimiliki bangsa lain.

“Jadi, intinya kita tidak bekerja sendiri-sendiri dan selalu menjaga persatuan mengedepankan kepentingan bangsa,”ujarnya

Bupati Bogor juga berharap agar kita semua yang hidup pada masa yang damai seperti saat ini hendaknya melanjutkan semangat para pendahulu, minimal selalu mengamalkan Pancasila sebagai landasan.(Fit)

Comments

comments here

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *