'Teriakan' & Harapan Industri Pada Regulasi Khusus Asuransi Kendaraan Listrik

Risiko electric vehicle (EV) atau kendaraan listrik yang masih tinggi menjadi tantangan bagi industri untuk mengeluarkan produk asuransi. Ini juga yang menjadi faktor Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) berharap regulasi khusus asuransi kendaraan listrik segera tergarap.

Pernita Hestin Untari

13 Mar 2024 - 14.49
A-
A+
'Teriakan' & Harapan Industri Pada Regulasi Khusus Asuransi Kendaraan Listrik

Jurnalis melakukan uji berkendara motor listrik di Alva Manufacturing Facility di Cikarang, Jawa Barat pada Rabu (20/9/2023). - Bisnis/Arief Hermawan P.

Bisnis, JAKARTA— Risiko electric vehicle (EV) atau kendaraan listrik yang masih tinggi menjadi tantangan bagi industri untuk mengeluarkan produk asuransi. Ini juga yang menjadi faktor Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) berharap regulasi khusus asuransi kendaraan listrik segera tergarap.

AAUI mencatat kendaraan listrik memiliki risiko yang berbeda. Pada kendaraan konvensional misalnya harga spare part menyebar, sedangkan pada kendaraan listrik baterai menjadi komponen utama yang harganya hampir sama dengan kendaraannya sendiri.   

Untuk membuat regulasi itu pun, Ketua Umum AAUI Budi Herawan mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait dengan aturan baru tersebut. Menurutnya beberapa hal yang akan diatur antara lain tarif premi hingga penerapan deductible atau jumlah tertentu yang harus dibayar pemegang polis jika terjadi klaim. 

“Aturannya masih nunggu, mudah-mudahan Juni sudah bisa keluar semua. Kita lagi kerja bareng OJK, pokoknya nanti ada perbedaan [antara konvensional dan listrik],” tutur Budi saat ditemui usai konferensi pers di Jakarta, beberapa waktu lalu (28/2/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

'Teriakan' & Harapan Industri Pada Regulasi Khusus Asuransi Kendaraan Listrik

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.