4 Temuan Lengkap Kemenhub Terkait Rangka e-SAF Motor Honda

Hasil penelitian dari rangka eSAF dari motor konsumen, Kemenhub dan KNKT menemukan adanya karat pada bagian dalam rangka yang tidak terlapisi coating dan lubang pembuangan bawah.

Rayful Mudassir
17 Sep 2023 - 06.53
A-
A+
4 Temuan Lengkap Kemenhub Terkait Rangka e-SAF Motor Honda

Rangka eSAF Motor skutik Honda/Dok AHM

Bisnis, JAKARTA - Kementerian Perhubungan bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah melakukan penelitian terkait rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) yang digunakan pada sejumlah skutik keluaran PT Astra Honda Motor (AHM).


Penelitian dilakukan usai beredar sejumlah video warga yang menggambarkan kerangka eSAF diduga patah. Rangka eSAF motor Honda juga diklaim meleyot dan patah oleh beberapa pengguna media sosial.


Dalam beberapa video yang viral, tampak motor Honda yang menggunakan rangka eSAF mengalami masalah yang sama yakni patah di bagian tengah. Menurut pengakuan konsumen, rangka skutik Honda dibuat dari bahan yang mudah karatan sehingga menyebabkan patah di sana dan sini.


Terkait kondisi itu, GM Corporate Communication Astra Honda Motor (AHM) Ahmad Muhibbuddin memastikan setiap motor Honda yang dipasarkan dan dibeli konsumen sudah dilakukan uji kualitas sehingga aman digunakan.


Selain itu, pemerintah melalui Kemenhub juga telah melakukan penelitian tentang rangka motor eSAF yang banyak dikeluhkan masyarakat tersebut.


Dari hasil penelitian yang dilakukan Kemenhub, ada beberapa poin menarik yakni sebagai berikut:


1. Bahan rangka eSAF berkualitas


Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno menjelaskan menurut tim peneliti, PT Astra Honda Motor (AHM) membuat rangka eSAF dari raw material berupa High Strength Steel (HSS) yang diproses menjadi rangka dan kemudian dilakukan pelapisan coating dengan metode CED (Cathodic Electro Deposition) secara dipping (celup).


2. Dimensi dan material rangka eSAF motor Honda memenuhi syarat


Tim peneliti, lanjutnya, melihat proses pengendalian kualitas produk mulai tahap incoming material, press, welding dan pelapisan. Item kontrol termasuk dimensi maupun ketebalan dari hasil proses pelapisan telah dilakukan dan telah memenuhi persyaratan standard manufacturing global.


3. Tegangan rangka eSAF Honda masih di ambang normal


Berdasarkan hasil perhitungan finite element method dan divalidasi secara pengujian aktual di fasilitas milik AHM, dapat dikatakan struktur rangka eSAF cukup kuat dan tidak memiliki daerah kritis atau fatigue dengan stress load yang tinggi. Tegangan yang terjadi masih jauh di bawah Yield Point (batas elastis) dari material rangka.


4. Ada karat di bagian yang tidak dilapisi coating


Namun saat peneliti dari Ditjen Hubdat dan KNKT melakukan cek pada motor konsumen, mereka menemukan adanya karat pada bagian dalam rangka yang tidak terlapisi coating dan lubang pembuangan bawah. Karat ini diklaim berpotensi tertutup kotoran sehingga membuat air tersumbat serta berpotensi menyebabkan udara lembab di sekitar rangka dan dapat bersifat korosif.


Proses Penelitian


Kemenhub dan KNKT telah mendatangi dan melihat langsung proses produksi rangka eSAF di pabrik sepeda motor Honda di Kawasan Industri Indotaisei Karawang pada Jumat (1/9/2023).


Tim peneliti melihat proses pengendalian kualitas produk mulai tahap incoming material, press, welding dan pelapisan. Item kontrol termasuk dimensi maupun ketebalan dari hasil proses pelapisan telah dilakukan dan telah memenuhi persyaratan standard manufacturing global.


Meski demikian, untuk hasil penelitian rangka eSAF dari motor konsumen, Kemenhub dan KNKT menemukan adanya karat pada bagian dalam rangka yang tidak terlapisi coating dan lubang pembuangan bawah. 


Menanggapi hasil penelitian yang dilakukan Kemenhub dan KNKT, General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengapresiasi langkah pemerintah yang memperhatikan keselamatan pengguna sepeda motor. 


AHM pun akan segera menindaklanjuti hasil penelitian dari pihak Kemenhub dan juga KNKT dengan melakukan pemeriksaan terhadap setiap keluhan konsumen. 

“Kami akan menindaklanjuti dengan beberapa langkah antara lain dengan memberikan layanan terbaik melalui program pemeriksaan terhadap setiap keluhan konsumen di jaringan bengkel resmi kami,” ujar Muhib. (Hesti Puji Lestari/Nuansa Mikrefin Yeodeo Putra/Rio Sandy Pradana)

Editor: Rayful Mudassir

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar