5 Raksasa Dagang-el di Tanah Air, Siapa Rajanya Versi SnapCart?

Dari hasil riset SnapCart, ditemukan bahwa perusahaan dagang-el ini merupakan e-commerce yang paling banyak diingat dan paling banyak digunakan kebanyakan orang. 

Zufrizal

22 Okt 2021 - 15.42
A-
A+
5 Raksasa Dagang-el di Tanah Air, Siapa Rajanya Versi SnapCart?

Ilustrasi belanja online.-istimewa

Bisnis, JAKARTA — Industri dagang-el di Indonesia senantiasa berubah dan berkembang pesat seiring dengan berjalannya waktu. 

Menjelang berakhirnya tahun 2021, persaingan pun semakin memanas antara lima nama besar e-commerce di tanah air, yakni Tokopedia dan Shopee—dua dagang-el (e-commerce) yang paling sengit persaingannya, juga Lazada, Bukalapak, dan Blibli. Namun, di antara lima e-commerce tadi, siapa yang berhasil menjadi dagang-el nomor satu di Indonesia pada tahun ini?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, SnapCart melakukan riset dengan metode survei daring yang dilakukan sejak September 2021. Survei yang diselenggarakan oleh SnapCart ini diikuti oleh 1.000 responden dari berbagai jenis kelamin, golongan usia, pendapatan, dan tersebar di berbagai area di Indonesia.

SnapCart sendiri merupakan aplikasi yang menawarkan kembalian tunai (cashback) bagi pengguna dengan cara mengunggah struk belanja. Namun, tak hanya memberikan kembalian tunai bagi konsumen, SnapCart juga memantau analitik waktu nyata (real time analytics) mengenai perilaku belanja konsumen.

“Dari hasil riset SnapCart, ditemukan bahwa Shopee merupakan e-commerce yang paling banyak diingat dan paling banyak digunakan kebanyakan orang. Sebanyak 75% responden menjawab bahwa Shopee merupakan aplikasi atau situs belanja online yang menjadi Top of Mind, disusul oleh Tokopedia dengan persentase 18%, dan Lazada dengan persentase 5%,” ujar Astrid Wiliandry, Direktur Snapcart melalui siaran pers, Jumat (22/10/2021).

Menurutnya, dari total responden, sebanyak 87% menjawab bahwa Shopee adalah platform e-commerce yang mereka gunakan dalam 3 bulan terakhir, menjadikan Shopee sebagai e-commerce dengan jumlah pengguna terbanyak dalam periode waktu tersebut. Sementara itu, 46% responden menggunakan Tokopedia dan 20% responden lainnya menggunakan Lazada.

Dengan kata lain, bila dinyatakan secara share of users, Shopee memiliki pangsa user sebesar 51%, disusul oleh Tokopedia yang memiliki pangsa user 27%, dan Lazada yang memiliki pangsa user sebesar 11%.

 

Temuan SnapCart ini sejalan dengan laporan Map of E-commerce in Indonesia yang diterbitkan oleh iPrice pada kuartal kedua 2021. Dalam laporan tersebut terlihat bahwa menurut peringkat aplikasi, baik dalam Apple App Store atau Google Play Store, Shopee menempati peringkat pertama.

Dalam Apple App Store, Shopee menduduki peringkat pertama, disusul Tokopedia yang berada di peringkat kedua. Hasil yang serupa juga ditemukan dalam pemeringkatan aplikasi Google Play Store, yang mana Shopee masih berada di peringkat pertama, sedangkan Tokopedia di peringkat keempat.

Data dari App Annie juga menunjukkan hasil yang serupa, yang mana sejak awal hingga pertengahan 2021, Shopee tercatat sebagai platform belanja online nomor 1 di Indonesia dengan jumlah total unduhan (total downloads) terbanyak baik di Google Play Store atau Apple App Store. Shopee juga menjadi platform belanja online nomor satu dalam jumlah pengguna aktif bulanan (monthly active user).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Zufrizal

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.