50 Tokoh Muslim Dunia Paling Berpengaruh, Ada Jokowi & Said Aqil

The Muslim 500: The World’s 500 Most Influential Muslims adalah survei tahunan yang dilakukan Pusat Pembelajaran Strategis Kerajaan Islam Yordania yang berpusat di Amman.

Mia Chitra Dinisari

2 Nov 2021 - 11.43
A-
A+
50 Tokoh Muslim Dunia Paling Berpengaruh, Ada Jokowi & Said Aqil

Presiden Jokowi saat upacara HUT TNI/Setpres

Bisnis, JAKARTA - Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PBNU KH. Said Aqil Siradj masuk dalam daftar 50 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia.

Presiden Jokowi berada di peringkat 13, sedangkan Said Aqil menempati urutan 19.

Keduanya bersanding dengan tokoh Muslik lain dalam daftar The Muslim 500: The World's 500 Most Influential Muslims 2022.

Di urutan pertama tokoh Muslim paling berpengaruh di dunia adalah Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamid Al-Thani. Dia  menjadi pemimpin Qatar di usia 33 tahun setelah ayahnya, Sheikh Hamad bin Khalifa Al-Thani turun tahta pada Juni 2013.

Raja Salman bin Abdul-Aziz Al-Saud dari Arab Saudi berada di urutan kedua. Urutan ketiga tokoh muslim paling berpengaruh adalah pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei.

Presiden Jokowi saat berkunjung ke Afghanistan pada 2018./Biro Pers Setpres

Di urutan keempat ada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Pemimpin Taliban Haibatullah Akhundzada juga masuk dalam jajaran tokoh Muslim berpengaruh. Dia berada di urutan ke-50.

Akhundzada disebut sebagai pemimpin Taliban yang peduli terhadap pendidikan anggotanya.

Dikutip dari Tempo.co, The Muslim 500: The World’s 500 Most Influential Muslims adalah survei tahunan yang dilakukan Pusat Pembelajaran Strategis Kerajaan Islam Yordania yang berpusat di Amman.

 

Presiden Jokowi berada di urutan 13 dalam daftar tokoh Muslim paling berpengaruh di dunia berdasar  survei tahunan Pusat Pembelajaran Strategis Kerajaan Islam Yordania.  

Selain pemimpin negara, ada pula penghargaan untuk tokoh agama, tokoh politik, sosial, budaya, akademisi, pengusaha, ilmuwan, seniman, dan atlet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.