7-Eleven Malaysia Rambah Industri Farmasi di Indonesia 

7-Eleven Malaysia Masuk ke Indonesia melalui anak perusahaannya yang akan membentuk usaha patungan dengan PT Era Prima Indonesia. 

Zufrizal

30 Nov 2021 - 05.35
A-
A+
7-Eleven Malaysia Rambah Industri Farmasi di Indonesia 

Salah satu gerai 7-Eleven Malaysia.-Sumber: www.theedgemarkets.com

Bisnis, KUALA LUMPUR —  Anak perusahaan 7-Eleven Malaysia Holdings Bhd (SEM) yakni Caring Pharmacy Retail Management Sdn Bhd telah menandatangani perjanjian pembentukan usaha patungan untuk mendirikan bisnis farmasi untuk mendistribusikan dan mengelola produk farmasi di Indonesia.

SEM yang menguasai 75% saham Caring Pharmacy Retail Management Sdn Bhd mengatakan bahwa kesepakatan senilai Rp28,98 miliar (8,55 juta ringgit) itu merupakan peluang baginya untuk merambah ke industri farmasi di Indonesia.

Perjanjian usaha patungan dengan PT Era Prima Indonesia seperti dikutip dari www.theedgemarkets.com, Senin (29/11/2021) berisi dua proposal yang saling bersyarat dan diharapkan selesai pada paruh pertama 2022.

Usulan pertama adalah kesepakatan pemegang saham antara Caring dan Era Prima untuk memfasilitasi pendirian perusahaan distribusi dengan nama PT Era Caring Indonesia. Caring akan memiliki 50,1% saham di perusahaan distribusi.

Usulan kedua adalah perjanjian pemesanan obligasi konversi wajib dengan Era Prima dan anak perusahaannya yakni PT Era Farma Indonesia (EFI), untuk usulan pemesanan pokok tunai sejumlah Rp23,95 miliar (7,07 juta ringgit) tanpa jaminan obligasi wajib konversi berbunga. Di PT EFI, Era Prima menguasai saham sebanyak 98,46%.

EFI kemudian akan beroperasi sebagai perusahaan ritel dengan merek Wellings di Indonesia.

Selain itu, setelah urusan obligasi selesai, dua perjanjian tambahan akan dibuat antara Caring dan Era Prima.

Perjanjian tambahan pertama adalah perjanjian tata kelola antara Caring, Era Prima, dan EFI yang akan berlaku untuk mengatur hubungan antara Caring dan Era Prima dalam hal pengelolaan EFI.

Perjanjian tambahan kedua adalah perjanjian lisensi merek dagang antara anak perusahaan Caring yakni Wellings Pharmacy Sdn Bhd sebagai pemberi lisensi, dan EFI dan Era Prima sebagai pemegang lisensi, untuk memungkinkan kedua rekanan Indonesia menggunakan merek dagang Wellings dalam merek dan menjalankan bisnis mereka. dengan biaya lisensi nominal Rp50 juta.

“Industri farmasi yang berkembang pesat di Indonesia serta kemitraan dengan Grup Erajaya sebagai mitra lokal menjadi pertanda baik dengan usaha farmasi pertama Grup 7-Eleven di luar negeri. Grup 7-Eleven memanfaatkan reputasi merek Wellings di antara wisatawan medis Indonesia yang sering mengunjungi gerai farmasi grup di bawah merek Wellings di Penang, Malaysia, ”kata 7-Eeleven Malaysia seperti dikutip dari melodyinter.com.

Setelah bisnis distribusi dan retail beroperasi, mereka diharapkan memberikan kontribusi positif bagi pendapatan grup pada masa mendatang.

Penjualan obat-obatan di Indonesia mencapai US$7,6 miliar (RM32 miliar) pada tahun 2020 dan diproyeksikan meningkat menjadi US$12,6 miliar pada tahun 2025, yang berarti tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 9,8%. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Zufrizal

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.