8 BUMN Terima PMN Barang, Tak Dapat Tunai BMN pun Jadi

Meski tidak mendapat PMN dalam bentuk tunai, PMN berupa barang yang diterima delapan BUMN bernilai miliaran.

Saeno

23 Sep 2022 - 17.57
A-
A+
8 BUMN Terima PMN Barang, Tak Dapat Tunai BMN pun Jadi

PT. Bio Farma (Persero) termasuk BUMN yang mendapat penyertaan modal negara dalam bentuk barang./biofarma.co.id

Bisnis, JAKARTA – Delapan BUMN mendapat jatah penyertaan modal negara dalam bentuk barang. Meski tidak mendapat PMN dalam bentuk tunai, PMN berupa barang yang diterima delapan BUMN bernilai miliaran. Mereka mendapat PMN berupa tanah maupun aset lainnya. 

Hal itu diatur dalam pasal 46 UU Nomor 1/ 2004 tentang Perbendaharaan Negara, pasal 55 PP 27/ 2014 mengenai Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah dan telah diubah menjadi PP Nomor 28 tahun 2020, serta Peraturan Menteri Keuangan Nomor 111/PMK.06/2016.

PMK tersebut menyebutkan bahwa untuk pemindahtanganan melalui penyertaan modal BMN berupa tanah dan atau bangunan maupun selain tanah atau bangunan yang nilainya lebih dari Rp100 miliar, maka dilakukan sesudah mendapat persetujuan DPR.

“Untuk PMN yang berasal dari nontunai atau dari barang milik negara ini diatur juga dalam undang-undang APBN kita, yaitu untuk PT. Bio Farma (Persero), PT. Hutama Karya (Persero), Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi (AirNav) Indonesia, Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta, PT. Varuna Tirta prakasya (Persero), PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), PT Pertamina (Persero), dan PT Sejahtera Eka Graha,” ungkap Menteri Keuangan Sri Mulyani melalui keterangan resmi, Kamis (22/9/2022). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.