Free

8 Skill Jadi Orang Kaya

Kebanyakan orang menginginkan hidup menjadi orang kaya, tetapi tidak semua orang menyiapkan kemampuan meraih kekayaan tersebut.

Rinaldi Azka

21 Jun 2023 - 19.10
A-
A+
8 Skill Jadi Orang Kaya

Orang terkaya di dunia, Chairman dan CEO konglomerat barang mewah Louis Vuitton Moët Hennessy (LVMH) Bernard Arnault./Istimewa

Bisnis, JAKARTA - Kebanyakan orang ingin hidup nyaman dengan menjadi orang kaya. Uang dan aset lainnya merupakan komponen yang mungkin banyak didambakan. Namun, orang sering lupa, ada sejumlah kemampuan yang perlu dimiliki agar jalan menuju kekayaan ini mulus.

Miliarder di dunia, termasuk Indonesia, memiliki peringkatnya sendiri, tetapi juga banyak jutawan atau miliarder yang tidak terekspos.

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana mereka mengumpulkan kekayaan tersebut dan ingin mengikuti jejaknya. Setiap orang memiliki jalannya sendiri dalam meraih kekayaan.

Dilansir dari New Trader U, Rabu (21/6/2023), berbagai tokoh jutawan atau miliarder membagikan kisah mereka dari awal hingga berada di posisi yang makmur secara finansial.


Banyak keterampilan yang telah menjadikan mereka sebagai orang kaya. Menguasai keterampilan ini dapat membuka jalan bagi siapa pun yang bercita-cita untuk membangun kekayaan yang sama.

Berikut beberapa keterampilan penting untuk dikembangkan jika Anda ingin kaya.

1. Literasi keuangan

Keterampilan pertama merupakan keterampilan dasar untuk membangun kekayaan. Keterampilan ini melibatkan pemahaman bagaimana uang bekerja, termasuk prinsip investasi, pasar keuangan, akuntansi, neraca, dan strategi pajak. Tingkat literasi keuangan yang tinggi memungkinkan Anda membuat keputusan berdasarkan informasi, seperti tempat berinvestasi, cara mengoptimalkan pengembalian, cara mengoperasikan bisnis, atau cara melindungi kekayaan.

Baca Juga : Mengenal Ciri-ciri Mesin Motor Knocking dan Cara Mengatasinya 

2. Koneksi

Membangun dan memelihara hubungan yang bermanfaat itu penting untuk membangun kekayaan. Bukan hanya mengenal banyak orang, tetapi juga menjalin hubungan dengan orang-orang yang bisa memberikan saran, kemitraan, atau peluang. Kekayaan seringkali datang dari peluang dan peluang seringkali datang dari koneksi.

Baca Juga : Tips Memilih Mobil Bekas Tarikan Leasing yang Berkualitas 

3. Keahlian menjual

Keahlian menjual meyakinkan orang lain untuk membeli ide, produk, atau layanan yang dimiliki. Menghasilkan kekayaan sering melibatkan penjualan sesuatu. Mereka yang menguasai keterampilan ini dapat menghasilkan nilai yang signifikan. Setiap orang menjual sesuatu sebagai berikut.

- Karyawan menjual nilai mereka kepada atasan mereka.

- Bisnis menjual produk mereka ke pelanggan.

- Politisi menjual janji mereka kepada pemilih.

- CEO menjual keterampilan mereka kepada dewan direksi.

- Perusahaan menjual saham mereka kepada investor.

- Penulis menjual buku mereka kepada pembaca.

Baca Juga : Mengadopsi Investasi Saham Ala Warren Buffet 

4. Pemikiran strategis

Pemikiran strategis melibatkan perencanaan untuk jangka panjang dan membuat keputusan yang akan membawa Anda menuju tujuan akhir. Pemikiran strategis berarti melihat gambaran besar dan menetapkan jalan untuk mencapai visi.

Baca Juga : Daftar Temuan BPK dari Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Negara 

5. Kepemimpinan

Kemampuan untuk menginspirasi dan membimbing orang lain dapat berguna di perusahaan sendiri atau di organisasi tempat Anda terlibat. Pemimpin yang kuat dapat membangun tim berkinerja tinggi, menginspirasi loyalitas, dan membimbing perusahaan menuju kesuksesan finansial.

Baca Juga : Sektor Saham yang Diberkahi BI Tahan Suku Bunga 

6. Pengambilan keputusan yang efektif

Pengambilan keputusan secara efektif melibatkan penilaian situasi yang kompleks, menganalisis potensi risiko dan manfaat, dan membuat pilihan terbaik. Membuat keputusan tepat waktu dapat memimpin bisnis menuju kesuksesan dan menghindari kesalahan.

Baca Juga : Mengebut Penyelesaian Tanggul Laut & Tol Atlantis Semarang 2024

7. Manajemen risiko

Manajemen risiko melibatkan identifikasi, evaluasi, dan mitigasi risiko. Orang kaya sering mengambil risiko yang diperhitungkan untuk menghasilkan pengembalian yang tinggi, tetapi juga tahu bagaimana mengelola risiko ini untuk mencegah kerugian yang sangat besar.

Baca Juga : BIRD Cs Paling Cuan Apalagi Status Pandemi Dicabut

8. Negosiasi

Mencapai kesepakatan agar kedua belah pihak merasa telah mendapatkan sesuatu dapat membantu Anda mencapai hasil yang lebih baik dan meningkatkan penghasilan.(Salma Permata Dewi)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.