9 Mobil Made-in Indonesia Paling Diminati Pasar Dunia

Kinerja ekspor mobil dalam keadaan utuh alias completely built up (CBU) Indonesia masih dalam jalur positif. Pengapalan sepanjang Januari-Oktober 2023 menembus sedikitnya 103 negara tujuan.

Fatkhul Maskur

16 Nov 2023 - 20.10
A-
A+
9 Mobil Made-in Indonesia Paling Diminati Pasar Dunia

Honda mulai mengekspor BR-V pada Februari 2022 dengan target 10.000 unit per tahun. - Foto HPM

Bisnis, JAKARTA--Kinerja ekspor mobil dalam keadaan utuh alias completely built up (CBU) Indonesia masih dalam jalur positif. Pengapalan sepanjang Januari-Oktober 2023 menembus sedikitnya 103 negara tujuan.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melaporkan ekspor mobil CBU dari Indonesia ke pasar dunia sepanjang 10 bulan pertama tahun ini meningkat 10,9% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu 384.592 unit menjadi 426.381 unit.

Adapun Gaikindo menargetkan ekspor mobil CBU dapat menembus 500.000 unit sepanjang 2023. "Ya mudah-mudahan [tercapai] deh,” kata Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto, baru-baru ini.

Realisasi ekspor 85% dari target. Apabila laju pengapalan terjaga dalam sisa waktu 2 bulan, dipastikan target ekspor mobil CBU akan terlampaui. Sebab, rata-rata pengapalan mencapai 42.638 unit per bulan, jauh di atas target rata-rata bulanan 41.667 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
company-logo

Lanjutkan Membaca

9 Mobil Made-in Indonesia Paling Diminati Pasar Dunia

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.