AC Toyota Kijang Innova Reborn Tiba-Tiba Panas? Ini Solusinya

Tak usah terburu-buru memanggil mekanik atau mendatangi bengkel reparasi AC. Sebab, masalah tersebut ternyata bisa diatasi sendiri hanya bermodalkan sebuah kunci ring atau pas berukuran 10 mm.

Emanuel Berkah Caesario

4 Mei 2022 - 21.22
A-
A+
AC Toyota Kijang Innova Reborn Tiba-Tiba Panas? Ini Solusinya

Tim Jelajah Lebaran 2022 mencabut kutub negatif aki untuk mengatur ulang sistem kelistrikan mobil Toyota Innova Reborn di Muara Enim, Sumatra Selatan, Rabu (4/5). JIBI/Bisnis/Suselo Jati

Bisnis, MUARA ENIM — Bagi Anda pemilik Toyota New Kijang Innova atau Innova Reborn, tak perlu panik apabila pendingin udara (AC/air conditioner) di bagian depan tiba-tiba mengeluarkan udara panas.

Tak usah terburu-buru memanggil mekanik atau mendatangi bengkel reparasi AC. Sebab, masalah tersebut ternyata bisa diatasi sendiri hanya bermodalkan sebuah kunci ring atau pas berukuran 10 mm.

Kejadian tersebut dialami oleh mobil Tim Jelajah Lebaran 2022 Bisnis Indonesia ketika melintas di Muara Enim, Sumatra Selatan, Rabu (4/5) malam. Kisi-kisi AC di bagian depan tiba-tiba mengeluarkan udara panas seperti halnya alat pengering rambut.

Padahal, tidak ada satupun anggota tim yang menekan tombol atau mengubah pengaturan AC di bagian depan. Demikian halnya dengan tombol pengaturan AC di bagian belakang, tidak ada yang menekannya atau mengubah pengaturan.

Udara yang dihembuskan dari kisi-kisi AC di bagian belakang pun masih normal. Masih terasa dingin walaupun indikator berada di level pertama atau paling rendah.

Indikator suhu tampak normal atau tidak mengalami kenaikan. Dengan demikian, dugaan awal mesin kepanasan atau overheat setelah menempuh perjalanan cukup jauh dari Lubuk Linggau, Sumatra Selatan terbantahkan.

Usut punya usut, masalah tersebut terjadi karena modul servo AC tidak bekerja sebagaimana mestinya. Jadi, ada udara panas dari kompartemen masuk ke ruang evaporator yang seharusnya bertugas menghasilkan udara dingin untuk kemudian dihembuskan melalui kisi-kisi di dashboard dan langit-langit mobil.

Sebagai catatan, masalah ini merupakan masalah yang kerap dialami oleh pengguna Innova Reborn dan saudaranya, New Fortuner.

Tim Jelajah Lebaran 2022 mengatur suhu air conditoner (AC) mobil Toyota Innova Reborn di Muara Enim, Sumatra Selatan, Rabu (4/5). JIBI/Bisnis/Suselo Jati

Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pengaturan ulang atau reset sistem elektronik mobil. Cukup dengan mencabut kutub negatif aki kemudian mendiamkannya selama 30 detik sampai dengan 5 menit.

Menurut Teknisi Auto 2000 Tebet, Jakarta Selatan Rizky, solusi tersebut adalah solusi darurat ketika mobil berada di lokasi yang jauh dari bengkel resmi Toyota. Sebab mengatur ulang sistem kelistrikan mobil sama saja mengubah seluruh pengaturan yang ada di mobil kembali ke awal, termasuk odometer atau penghitung jarak tempuh.

“Harus ke bengkel resmi, tetapi kalau darurat bisa cabut kutub negatif aki. Cara ini bisa berhasil bisa juga tidak, tetapi boleh dicoba kalau darurat tidak memungkinkan,” katanya ketika dihubungi oleh Tim Jelajah Lebaran 2022 Bisnis Indonesia.

Sebelum mencabut kutub negatif pastikan seluruh perangkat elektronik seperti pemutar audio video (head unit), pendingin udara, dan perangkat-perangkat lain yang ada di mobil sudah mati. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan keselamatan Anda agar terhindar dari kemungkinan tersengat listrik dari aki.

Tim Jelajah Lebaran 2022 Bisnis Indonesia kemudian mencoba cara tersebut agar perjalanan kembali nyaman. Terlebih jalur yang dilalui adalah jalur  Muara Enim-Prabumulih yang kerap tersendat di beberapa titik akibat banyaknya perlintasan kereta api.

Ketika cara itu dicoba, pada percobaan pertama pendingin udara masih mengeluarkan udara panas alias tidak berhasil. Kemudian pada percobaan kedua barulah cara tersebut berhasil dan Tim Jelajah Lebaran 2022 Bisnis Indonesia kembali melanjutkan perjalanan menuju Prabumulih, Sumatra Selatan.

***

Guna memantau kelancaran dan kesiapan infrastruktur saat arus mudik, Bisnis Indonesia kembali menggelar Jelajah Lebaran 2022 setelah absen pada 2020 dan 2021. Jelajah Lebaran 2022 Bisnis Indonesia dilaksanakan pada Rabu (27/4) hingga Rabu (4/5) melalui dua rute.

Pertama, untuk rute Jawa-Bali  dilaksanakan dengan menyusuri jalan tol Trans Jawa dan dilanjutkan menyisir jalur pantai utara (pantura) menuju Banyuwangi dan dilanjutkan penyeberangan ke Bali. Kedua, untuk rute Sumatra  melalui jalan tol Trans Sumatra dari Lampung hingga Dumai, Riau.

(Reporter: Rezha Hadyan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.