Ada Peran Jokowi dari Pembukaan Ekspor Gandum Ukraina?

Dibukanya ekspor gandum dari Ukraina memberi harapan bagi ketersediaan pangan dunia. Di sisi lain, pengiriman ini ditengarai merupakan buah dari diplomasi yang dilakukan Presiden Joko Widodo.

Rayful Mudassir

15 Agt 2022 - 20.23
A-
A+
Ada Peran Jokowi dari Pembukaan Ekspor Gandum Ukraina?

Bisnis, JAKARTA - Aktivitas Pelabuhan Odesa di Ukraina kembali ramai dengan dibuka kembali pengiriman gandum ke negara pembeli. Momen tersebut pertama kali terlihat setelah lama terhenti sejak invasi Rusia. Ada yang menyebut situasi ini merupakan dampak dari diplomasi Presiden Joko Widodo. Benarkah? 

Kontribusi Jokowi pada dibukanya kembali ekspor gandum dari Ukraina disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat agenda Bisnis Indonesia Award 2022, Senin (15/8/2022). 

Dia mengatakan bahwa Presiden Jokowi memegang peran penting pada dibukanya keran ekspor gandum dari Ukraina ke Turki. Dimulainya pengiriman komoditas tersebut tidak terlepas dari pertemuan Jokowi dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin beberapa waktu lalu.

"Alhamdulillah, berkat diplomasi yang dilakukan Bapak Presiden [Jokowi] dengan Presiden Zelensky dan Presiden Putin, itu membuka jalur ekspor pangan dari rute Odessa ke Turki," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Ada Peran Jokowi dari Pembukaan Ekspor Gandum Ukraina?

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.