Ada World Superbike, Mataram Siapkan 14 Ton Daging Sapi Impor

Jika 14 ton daging impor yang telah disiapkan untuk tamu acara World Superbike dinilai masih kurang, Distan segera melakukan tambahan pemasukan.

Zufrizal

16 Nov 2021 - 14.43
A-
A+
Ada World Superbike, Mataram Siapkan 14 Ton Daging Sapi Impor

Ilustrasi: pedagang daging di pasar tradisional Dasan Agung, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat.-ANTARA/Nirkomala

Bisnis, MATARAM — Dinas Pertanian Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, telah menyiapkan stok daging sapi beku impor sebanyak 14 ton untuk memenuhi kebutuhan hotel, katering, dan restoran selama kegiatan akbar World Superbike (WSBK) pada 19—21 November 2021.

Kepala Dinas Pertanian Kota Mataram Mutawalli mengatakan bahwa sebanyak 14 ton daging impor itu khusus disiapkan untuk memeuhi kebutuhan tamu dan penonton WSBK yang diprediksi mencapai 25.000 orang.

"Sebagai antisipasi meningkatnya permintaan hotel, katering, dan restoran selama kegiatan WSBK, pekan lalu kami diminta menambah stok daging sapi beku impor karena itu kita siapkan 14 ton," kata Mutawalli yang ditemui seusai mengikuti rapat persiapan WSBK seperti dikutip Antara, Selasa (16/11/2021).

Dia mengatakan bahwa jika 14 ton daging impor yang telah disiapkan tersebut dinilai masih kurang, Distan segera melakukan tambahan pemasukan.

Impor daging sapi beku di Mataram dibatasi maksimal 30 persen dari kebutuhan warga di Mataram yang saat ini tercatat lebih dari 100 ton per bulan.

"Biasanya, daging impor kita lempar ke pasar tradisional untuk menstabilkan harga apabila harga naik dan stok terbatas sehingga kuota daging impor bisa ditambah apabila stok terbatas dan harga daging meningkat," katanya.

Sementara untuk kebutuhan daging lokal, menurut Mutawalli, setelah bulan Maulid Nabi berlalu, kebutuhan masyarakat mulai normal. Hal itu terlihat dari aktivitas pemotongan sapi di dua rumah potong hewan (RPH) mulai turun.

Masing-masing RPH yakni RPH Majeluk dan Sekarbela kini hanya memotong 15—20 ekor per hari berbeda ketika bulan Maulid bisa mencapai 30 ekor lebih per satu RPH.

"Untuk harga daging sapi lokal juga sudah stabil yakni Rp120.000 per kilogram, dari harga saat Maulid Rp125.000 per kilogram," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Zufrizal

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.