Adopsi Pajak Minimum Mundur Setahun

Dentang lonceng implementasi global minimum tax telah berbunyi. Indonesia, lantaran belum memiliki beleid konkret soal solusi perpajakan internasional itu akhirnya memutuskan untuk menunda pelaksanaan pajak minimum global.

Tegar Arief Fadly

25 Jan 2024 - 10.27
A-
A+
Adopsi Pajak Minimum Mundur Setahun

Ilustrasi pajak./Istimewa

Bisnis, JAKARTA - Dentang lonceng implementasi global minimum tax telah berbunyi. Indonesia, lantaran belum memiliki beleid konkret soal solusi perpajakan internasional itu akhirnya memutuskan untuk menunda pelaksanaan pajak minimum global, setidaknya hingga warsa mendatang.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Bisnis, otoritas fiskal baru akan mengimplementasikan skema pajak yang terkandung dalam Pilar 2: Global anti-Base Erosion Rules (GloBE) dan Subject to Tax Rule (STTR) tersebut pada paruh kedua tahun ini atau pada tahun depan.

Ada beberapa faktor yang memaksa pemangku kebijakan belum menerapkan hail konsensus global tersebut pada 1 Januari 2024. Pertama, masih adanya regulasi yang memayungi mekanisme pemajakan tersebut.

Memang, pemerintah memiliki UU No. 7/2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP) dan PP No. 55/2022 tentang Penye­suai­an Pengaturan di Bidang Pajak Penghasilan yang mengakomodasi substansi soal solusi dua pilar pemajakan internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
company-logo

Lanjutkan Membaca

Adopsi Pajak Minimum Mundur Setahun

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.