Adu Bara Saham Batu Bara PTBA, ADRO & ITMG, Mana Prospektif?

Sejumlah emiten batu bara kian serius menyasar pasar negara Eropa sebagai tujuan ekspor strategis untuk memoles kinerja perseroan.

Mutiara Nabila
Sep 22, 2022 - 1:53 PM
A-
A+
Adu Bara Saham Batu Bara PTBA, ADRO & ITMG, Mana Prospektif?

Sebuah kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (14/1/2022). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Bisnis, JAKARTA— Meskipun harga batu bara mengalami volatilitas dalam beberapa hari terakhir, emiten di sektor energi fosil dipercaya masih dapat memoles kinerja. Salah satu strategi emiten adalah mengincar pasar kawasan Eropa sebagai tujuan ekspor.

Berdasarkan data Bloomberg, Rabu (21/9/2022), harga batu bara Newcastle untuk kontrak September 2022 mengalami penurunan 1,30 persen ke US$440 per ton. Namun, analis menilai harga itu masih cukup kuat lantaran masih bertahan di atas US$430 per ton.

Melalui riset, analis BNI Sekuritas Maxi Liesyaputra mengatakan beberapa emiten di bidang batu bara seperti  PTBA, ADRO, ITMG dan HRUM menunjukan kinerja signifikan sepanjang Semester I/2022. Misalnya saja jika dilihat dari segi PE dan EV Ebitda, emiten sektor batu bara masih menarik untuk dicermati dan dikoleksi. 

Secara teknikal, Analis Teknikal BNI Sekuritas Andri Zakarias Siregar merekomendasikan Speculative Buy untuk saham PT Adaro Energy Indonesia Tbk. (ADRO), karena bisa bergerak naik dengan batas atasnya di 4.180, dan target berikutnya menuju 4.700. Support saham ADRO selanjutnya akan berada di 3.860, dan kalau tembus bisa ke 3.670 sampai 3.530.

Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Adu Bara Saham Batu Bara PTBA, ADRO & ITMG, Mana Prospektif?

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ