Adu Kuat Bank Jumbo Rebut Posisi Laba Tertinggi 2022

Empat bank terbesar Indonesia mencetak rekor laba bersih sepanjang 2022 lalu. BRI tampil sebagai bank dengan laba terbesar, mengeser posisi yang ditempati BCA pada 2021. Meski demikian, pertumbuhan laba tiga bank besar lainnya tak kalah tingginya.

Emanuel Berkah Caesario

10 Feb 2023 - 15.12
A-
A+
Adu Kuat Bank Jumbo Rebut Posisi Laba Tertinggi 2022

Bisnis, JAKARTA — Tahun 2022 menjadi periode keemasan bagi industri perbankan. Setelah mengalami tekanan kinerja di periode awal pandemi, tahun 2022 seolah menebus itu semua dan menghantarkan capaian laba bank-bank besar menuju rekor baru.

Keempat bank papan atas yang masuk dalam Kelompok Bank Umum Berdasarkan Modal Inti (KBMI) 4 atau bank dengan modal inti di atas Rp70 triliun, sudah merilis laporan keuangan mereka untuk periode akhir tahun 2022. Hasilnya, keempatnya sukses mencetak pertumbuhan kinerja yang luar biasa.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) mencetak laba tertinggi, yakni Rp51,4 triliun. Capaian tersebut melesat 67,15 persen secara tahunan atau year-on-year (YoY). Kinerja PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., dan PT Bank Central Asia Tbk. juga tak kalah.

Peningkatan laba pesat perbankan mengindikasikan bahwa perputaran ekonomi menggeliat dengan cukup baik sepanjang tahun lalu. Pelaku usaha mulai gencar meminta kredit baru untuk berekspansi usai melewati periode redup yang panjang selama pandemi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Adu Kuat Bank Jumbo Rebut Posisi Laba Tertinggi 2022

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.