Bisnis, JAKARTA— Hary Tanosoedibjo dan Eddy K. Sariaatmadja adalah dua konglomerat Indonesia yang sama-sama memiliki bisnis media. Prospek dari kedua emiten tersebut masih menarik seiring dengan pergeseran layanan digital konten.
Tidak hanya bermodal dua nama orang terkaya Indonesia sebagai nahkoda, Grup Emtek dan Grup MNC, dalam hal ini PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) dan PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) disebut-sebut menjadi konglomerasi yang memimpin pasar di sektor media. Merekapun nampaknya semakin memperkokoh posisi tersebut.
Bagaimana tidak, berdasarkan riset Nielsen, porsi pemirsa secara rerata pada Agustus 2021 untuk semua slot waktu tayangan mencapai 44,8 persen dikuasai oleh MNCN dan 27,6 persen dikuasai oleh SCMA. Kedua emiten tersebut mewakili urutan dua teratas.
Selain dominasi pemirsanya, MNCN mengokohkan posisinya sebagai pemimpin pasar belanja iklan di kanal free-to-air (FTA).