Adu Kuat Rapor Pengembang Properti Top Tanah Air Kuartal I/2023

Melandainya situasi Pandemi Covid-19 ini yang diharapkan dapat meningkatkan penjualan pengembang ternyata tak sesuai perkiraan. Pada tiga bulan pertama, kondisi sejumlah emiten properti tak mencatatkan kinerja positif jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Yanita Petriella

6 Mei 2023 - 18.01
A-
A+
Adu Kuat Rapor Pengembang Properti Top Tanah Air Kuartal I/2023

Properti Jakarta. /Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Pada tiga bulan pertama, kondisi sejumlah emiten properti tak mencatatkan kinerja positif jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Melandainya situasi Pandemi Covid-19 ini yang diharapkan dapat meningkatkan penjualan pengembang ternyata tak sesuai perkiraan. Meski situasi sudah berangsur normal memang sejumlah tantangan daya beli dan ketidakpastian ekonomi masih menghantui di sepanjang 2023. 

PT Pakuwon Jati Tbk. (PWON) membukukan marketing sales atau prapenjualan sebesar Rp298 miliar per kuartal I tahun 2023. Capaian ini turun 6,42 persen dari Rp380 miliar dibandingkan periode yang sama tahun lalu atau year-on-year (YoY). Sepanjang tahun ini, PWON menargetkan marketing sales sebesar Rp1,6 triliun yang akan didorong oleh apartemen dan perumahan.

Adapun secara rinci komposisi marketing sales PWON sebanyak 47 persen atau sekitar Rp140,06 miliar berasal dari segmen kondominium sebesar 51 persen atau sekitar Rp151,98 miliar, landed house atau rumah tapak, dan perkantoran sebesar 2 persen atau sekitar Rp5,96 miliar.

Sementara itu, PWON sudah mengucurkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp511 miliar per kuartal I tahun 2023 dari total yang direncanakan sepanjang tahun ini Rp2,4 triliun. Dana tersebut digunakan untuk membiayai pembangunan Pakuwon Mall Bekasi dan Pakuwon City Mall. Dana capex juga digunakan untuk renovasi Pakuwon Mall Jogja dan Solo Baru, pembelian hotel Four Points by Sheraton Bali, Kuta dan pembelian tanah. Rencananya, sekitar Rp1,5 triliun dana capex akan digunakan untuk pembelian lahan di Batam, Jawa Tengah, dan Bali. PWON juga sudah mendapatkan harga tetap dan mulai mencicil untuk lahan di Batam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Adu Kuat Rapor Pengembang Properti Top Tanah Air Kuartal I/2023

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.