Free with Login

Adu Nasib Cuan Bank Afiliasi Taipan Chairul Tanjung

4 dari 5 bank konglomerat Chairul Tanjung mengalami penurunan laba pada kuartal I/2024. Sedangkan satu bank digital mengalami lonjakan

Fahmi Ahmad Burhan

12 Mei 2024 - 15.25
A-
A+
Adu Nasib Cuan Bank Afiliasi Taipan Chairul Tanjung

Chairul Tanjung / bankmega.com

Bisnis, JAKARTA — Bank afiliasi konglomerat Chairul Tanjung rata-rata mencatatkan kinerja jeblok sepanjang awal tahun ini. 

Sekadar informasi, Chairul Tanjung menggenggam kepemilikan di PT Bank Mega Tbk. (MEGA) melalui PT Mega Corpora dengan porsi 58,02%. Bank Mega membukukan laba bersih Rp802,51 miliar pada kuartal I/2024. Catatan tersebut merosot 18,55% secara tahunan (year on year/yoy) dibandingkan laba bersih periode yang sama tahun sebelumnya Rp985,38 miliar. 

Begitu juga bank syariah milik Chairul Tanjung, PT Bank Mega Syariah (BMS) juga mencatatkan penurunan laba hingga 35,98% yoy menjadi Rp50,06 miliar pada kuartal I/2024, dibandingkan laba bersih periode yang sama tahun sebelumnya Rp78,2 miliar.

Selain itu, Chairul Tanjung juga menggenggam kepemilikan saham di beberapa bank daerah, seperti di PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Tengah (Bank Sulteng) dengan porsi 24,9%. Selain itu, terdapat porsi kepemilikan 24,82% di PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo atau BPD Sulutgo (BSG). Kedua BPD portofolio Chairul Tanjung itu juga membukukan kinerja laba yang jeblok pada awal tahun ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.