Adu Nasib Pembiayaan Leasing di Segmen Mobil Baru vs Mobil Bekas

Pembiayaan mobil baru memiliki porsi besar dalam industri leasing, namun saat ini pertumbuhannya jauh lebih kecil dibandingkan dengan mobil bekas.

Pernita Hestin Untari

11 Jun 2024 - 19.30
A-
A+
Adu Nasib Pembiayaan Leasing di Segmen Mobil Baru vs Mobil Bekas

Kredit kendaraan bermotor atau kredit mobil/Image by xb100 on Freepik

Bisnis, JAKARTA— Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat pertumbuhan pembiayaan mobil baru jauh lebih kecil dibandingkan dengan mobil bekas per April 2024. Meski begitu pembiayaan kendaraan, khususnya mobil baru masih menunjukkan tren kenaikan dan menjadi penyumbang terbesar pembiayaan. 

Adapun pembiayaan mobil baru mencapai sebanyak Rp150,69 triliun atau meningkat 10% yoy. Di sisi lain, mobil bekas mencapai Rp 83,72 triliun yang juga  meningkat 25,82%. Untuk pembiayaan listrik tercatat sebanyak Rp43,9 triliun yang mana berkontribusi  hanya 1% dari total penyaluran. 

Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya (PMVL) Agusman mengatakan bahwa otomotif masih menjadi sektor utama yang menopang kinerja perusahaan pembiayaan atau multifinance. Per April 2024, piutang multifinance sebesar Rp 486,35 triliun, naik 10,82% YoY. Sebanyak 77,7% atau Rp 398,64 triliun merupakan sumbangsih dari sektor otomotif. Pembiayaan kepada sektor otomotif per April 2024 naik 13,02% YoY.

“Ke depan pembiayaan kendaraan diproyeksikan masih tumbuh dengan nilai 9%-11%,” kata Agusman dalam konferensi pers hasil Rapat Dewan Komisioner OJK, Senin (10/6/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.