Adu Siasat Bank Jumbo Raup Pendapatan Berbasis Komisi

Bank-bank besar berupaya meningkatkan kinerja pendapatan berbasis komisi untuk menjaga pertumbuhan laba di tengah era kenaikan biaya dana saat ini.

Fahmi Ahmad Burhan

12 Jun 2023 - 15.51
A-
A+
Adu Siasat Bank Jumbo Raup Pendapatan Berbasis Komisi

Ilustrasi pendapatan bank. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Sejumlah bank jumbo gencar menyusun siasat guna meraup pendapatan berbasis komisi atau fee based income (FBI) mereka tahun ini demi menopang pendapatan bunga yang kemungkinan tertekan oleh kenaikan biaya dana akibat peningkatan suku bunga acuan.

Direktur Digital dan IT PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., Arga M. Nugraha, mengatakan bahwa BRI tahun ini menggenjot FBI mereka melalui penguatan layanan digital. BRI terus memberi kemudahan dan kepuasan kepada pelanggan yang berujung pada peningkatan volume transaksi BRI secara keseluruhan.

“Per Maret 2023, BRI mencatat sebanyak 98,9 persen transaksi dilakukan nasabah melalui kanal digital. Artinya hanya 1,1 persen saja transaksi nasabah yang masih menggunakan cara konvensional," jelasnya dalam keterangan resmi pada beberapa waktu lalu.

Secara lebih rinci, kanal digital menyumbang sebesar 37 persen dari pendapatan berbasis komisi atau dengan nominal mencapai Rp1,83 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.