Bisnis, JAKARTA— Perusahaan pembiayaan atau multifinance menjadi salah satu industri yang ikut andil dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik. Pelaku multifinance pun balapan untuk ambil bagian dan menyiapkan strategi jitu dalam menghadapi persaingan pembiayaan kendaraan listrik.
Salah satunya adalah PT BRI Multifinance Indonesia (BRI Finance) yang menyiapkan sejumlah strategi dalam untuk menghadapi persaingan industri setrum, seiring dengan pertumbuhan kendaraan listrik. Kondisi tersebut dibenarkan oleh Corporate Secretary BRI Finance Taufiq Kurniadihardja.
Data Gaikindo menunjukkan bahwa penjualan kendaraan listrik wholesale per Oktober 2022 sebanyak 7.893 unit, tumbuh 147 secara year on year. Sebagai pembanding, pada 2019 Gaikindo mencatatkantotal penjualan kendaraan listrik sebanyak 812 unit, pada 2020 mencapai 1.324 unit. Sementara, pada 2021 penjualan mencapai 3.205 unit.
Salah satu strategi yang disiapkan oleh BRI Finance diantaranya mempersiapkan jaringan pelayan luas dengan 27 Kantor Cabang, serta180 titik pelayanan di unit kerja BRI seluruh Indonesia dan melakukan kerjasama dengan berbagai ATPM dan Dealer baik mobil listrik maupun sepeda motor listrik.