Adu Strategi Leasing Kala Penjualan Mobil Baru Seret

Strategi pemasaran disusun pelaku usaha multifinance atau leasing untuk membuat kinerja pembiayaan tetap tumbuh solid di tengah tren penurunan penjualan mobil baru.

Pernita Hestin Untari

3 Jun 2024 - 20.20
A-
A+
Adu Strategi Leasing Kala Penjualan Mobil Baru Seret

Pramuniaga melayani pengunjung di salah satu showroom mobil Wuling di Jakarta. Bisnis/Abdurachman

Bisnis, JAKARTA— Pembiayaan mobil baru masih berkontribusi paling besar dari keseluruhan penyaluran pembiayaan industri leasing. Sementara penjualan mobil baru terjadi tren penurunan, sehingga menjadi tantangan besar leasing untuk putar otak agar pertumbuhan tetap solid.

Dampak dari penurunan penjualan tersebut juga telah dirasakan multifinance, misalnya saja PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (ADMF) atau Adira Finance mencatatkan penurunan pembiayaan segmen mobil baru sebanyak 8% secara tahunan (year on year/YoY) menjadi Rp3,8 triliun hingga April 2024. 

Chief Financial Officer (CFO) Adira Finance Sylvanus Gani menjelaskan, penurunan tersebut sejalan dengan turunnya penjualan industri wholesales mobil baru sebanyak 23% pada kuartal I/2024. Namun, pembiayaan mobil baru masih berkontribusi paling besar dalam keseluruhan penyaluran pembiayaan perseroan hingga April 2024. 

“Pembiayaan baru roda empat Adira Finance berkontribusi sebesar 41% dari total pembiayaan baru, sedangkan sisanya 38% segmen sepeda motor, dan 21% segmen non-otomotif,” kata Gani kepada Bisnis (27/5/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.