Adu Taktik Bank Digital Andalkan Ekosistem GOTO, EMTK & Astra

Pasar bank digital akan semakin ketat seiring dengan ramai-ramai pemain baru. Untuk mempertahankan eksistensinya, sejumlah bank digital seperti PT Bank Jago Tbk. (ARTO) dan Superbank berupaya adu kuat mengandalkan ekosistem yang dimilikinya seperti GOTO, Emtek, hingga Astra.

Fahmi Ahmad Burhan

16 Des 2023 - 18.01
A-
A+
Adu Taktik Bank Digital Andalkan Ekosistem GOTO, EMTK & Astra

Ilustrasi bank digital./ Dok Freepik

Bisnis, JAKARTA — Pasar bank digital akan semakin ketat seiring dengan ramai-ramai pemain baru. Untuk mempertahankan eksistensinya, sejumlah bank digital seperti PT Bank Jago Tbk. (ARTO) dan Superbank berupaya adu kuat mengandalkan ekosistem yang dimilikinya seperti GOTO, Emtek, hingga Astra.

Senior Vice President Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Trioksa Siahaan mengatakan pada 2024 peta persaingan bank digital akan semakin ketat seiring masuknya pemain-pemain baru. Dalam kasus ini bukan hanya pemain bank digital baru, namun diproyeksi akan semakin marak juga aksi akusisi, merger, atau konsolidasi.

“Bank digital akan menghadapi kondisi ekonomi yang belum sepenuhnya pulih dan kondisi likuiditas bank yang masih ketat,” katanya kepada Bisnis pada Kamis (14/12/2023).

Sebelumnya, Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas, Maximilianus Nico Demus memproyeksikan prospek bank digital memang besar. Hanya saja ekosistem menjadi penentu.“Jadi yang dijual itu adalah ekosistemnya. Kalau produknya sebagus apa pun tapi tidak mempunyai ekosistem, akan sulit bagi perkembangan bank digital tersebut,” ujar Nico Demus kepada Bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Adu Taktik Bank Digital Andalkan Ekosistem GOTO, EMTK & Astra

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.