Agar Bumbu Masak Indonesia Tak Redup Dilibas Ekspansi Tetangga

Indonesia memiliki beragam rempah dan produk olahan pangan khas dengan cita rasa otentik yang berpeluang besar menggoyang lidah dunia. Perlu upaya agar bumbu dan aneka masakan Indonesia tak redup di tengah ekspansi para tetangga.

Fatkhul Maskur

16 Agt 2022 - 10.00
A-
A+
Agar Bumbu Masak Indonesia Tak Redup Dilibas Ekspansi Tetangga

Ilustrasi Restoran Indonesia. - Foto ANtara

Bisnis, JAKARTA - Indonesia memiliki beragam rempah dan produk olahan pangan khas dengan cita rasa otentik yang berpeluang besar menggoyang lidah dunia. Perlu upaya agar bumbu dan aneka masakan Indonesia tak redup di tengah ekspansi para tetangga.

Sejak sebelum kemerdekaan, Indonesia terkenal dengan negara tropis bertanah subur dan tempat ideal tumbuhnya tanaman rempah. Rempah dan bumbu masak Indonesia, bahkan menjadi warisan budaya di dunia tata boga.

Berdasarkan data BPS, ekspor bumbu dan aneka olahan yang bisa dimakan pada 2021 bertumbuh 15% menjadi US$1,46 miliar. Angka ini masih kalah jauh dari capaian Thailand, dan China.

Thailand mencatatkan ekspor komoditas berkode HS 2103 sebesar US$2,63 miliar (+6%), adapun ekspor China mencapai US$5,70 miliar (+25%). Ekspor Vietnam masih di bawah Indonesia, akan tetapi ekspor negeri tersebut juga menunjukkan ekspansi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.