Agar Sektor Industri Bergerak Lincah di Tahun Kelinci Air

Sepanjang 2022, industri manufaktur konsisten berada dalam level ekspansif, tecermin pada indeks manufaktur yang berada di atas angka 50,0. Sederet kebijakan diperlukan agar sektor ini bisa bergerak lincah di Tahun Kelinci Air.

Fatkhul Maskur

3 Jan 2023 - 23.00
A-
A+
Agar Sektor Industri Bergerak Lincah di Tahun Kelinci Air

Presiden Joko Widodo meninjau pabrik Hyundai Motor di Cikarang, Bekasi. - Foto Hyundai

Bisnis, JAKARTA – Sepanjang 2022, industri manufaktur konsisten berada dalam level ekspansif, tecermin pada indeks manufaktur yang berada di atas angka 50,0. Sederet kebijakan diperlukan agar sektor ini bisa bergerak lincah di Tahun Kelinci Air.

Pada Desember 2022, Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur Indonesia ditutup pada tingkat 50,9, menguat dari level sebelumnya di angka 50,3. Berdasarkan hasil survei S&P Global, indeks manufaktur Indonesia bertahan dalam fase ekspansif selama 16 bulan sejak September 2021. 

Angka PMI Manufaktur Indonesia pada Desember 2022 yang dirilis S&P Global selaras dengan Indeks Kepercayaan Industri (IKI) Desember 2022 yang dirilis Kementerian Perindustrian, yakni di level ekspansi 50,9. 

Kinerja positif ini menunjukkan geliat industri manufaktur nasional terus mengalami perbaikan dan semakin pulih setelah terkena dampak pandemi Covid-19 dan di tengah kondisi ekonomi global yang tidak menentu karena ancaman resesi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.