Agresivitas Program Biodiesel, Bikin Negara Untung atau Buntung?

Pengoptimalan bahan bakar biodiesel disebut-sebut juga dapat meningkatkan ketahanan energi nasional, selain mampu menekan besarnya defisit neraca perdagangan akibat impor solar.

Ibeth Nurbaiti & Muhammad Ridwan

2 Feb 2022 - 00.00
A-
A+
Agresivitas Program Biodiesel, Bikin Negara Untung atau Buntung?

Petugas memperlihatkan contoh bahan bakar biodiesel saat peluncuran Road Test Penggunaan Bahan Bakar B30 (campuran biodiesel 30% pada bahan bakar solar) pada kendaraan bermesin diesel, di Jakarta, Kamis (13/6/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis, JAKARTA — Program pengembangan bahan bakar biodiesel di Indonesia yang terus berlanjut bahkan makin agresif dalam rangka meningkatkan penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan sudah sepatutnya mendapatkan dukungan semua pihak. 

Apalagi, pengoptimalan bahan bakar nabati itu disebut-sebut juga dapat meningkatkan ketahanan energi nasional, selain mampu menekan besarnya defisit neraca perdagangan akibat impor solar.

Pemerintah bahkan telah menargetkan akan menghentikan impor bahan bakar minyak atau BBM dan serta gas elpiji (LPG) paling tidak pada 2030 nanti dengan mendorong penggunaan biodiesel.

Di hulunya, kebijakan biodiesel yang agresif secara otomatis akan mendorong penggunaan minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) yang makin banyak di dalam negeri. Namun di sisi lain, kondisi itu berpotensi menurunkan nilai ekspor CPO.   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.