Ajakan Manis Jokowi di Depan Para Pengusaha Terlibat Bangun IKN

Jokowi pun mengajak para pengusaha, investor, dan CEO untuk ikut berkontribusi dalam pembangunan IKN. Menurutnya, IKN merupakan investasi keberlanjutan Indonesia. Namun, dalam pembangunannya pemerintah tidak dapat sendiri sehingga butuh peran dan kontribusi berbagai pihak.

Redaksi

2 Nov 2023 - 22.49
A-
A+
Ajakan Manis Jokowi di Depan Para Pengusaha Terlibat Bangun IKN

Jokowi di IKN Nusantara. /dok Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bercerita awal mula memutuskan untuk memindahkan Ibu Kota Negara dari DKI Jakarta ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Keputusan itu bermula saat sembilan tahun lalu Jokowi diam-diam membentuk tim untuk mengkaji kembali gagasan Presiden ke-1 RI Sukarno dan Presiden ke-2 RI Soeharto untuk memindahkan ibu kota.

Keputusan untuk memindahkan ibu kota itu lantaran beban Pulau Jawa, terutama Jakarta, saat ini sudah di luar kapasitas yang dimiliki. Adapun jumlah penduduk Indonesia mencapai 278 juta dimana sebesar 56% itu hidup di Pulau Jawa. Kemudian, perputaran ekonomi Indonesia sebesar 58% berada di Pulau Jawa khususnya Jakarta. Oleh karena itu beban Jakarta memang sudah di luar kapasitas yang dimiliki.

Jokowi menilai Indonesia butuh pemerataan pembangunan, ekonomi, dan infrastruktur. Hal itu selaras dengan gagasan Bung Karno dan Pak Harto. Karena itu keduanya pun sama-sama memiliki gagasan untuk memindahkan Ibu Kota dalam rangka meratakan pembangunan, ekonomi, dsnn infrastruktur. 

“Oleh sebab itu sejak presiden pertama Bung Karno sudah memiliki gagasan dan rencana untuk pindah, memindahkan ibu kota. Pak Harto juga sama ingin memindahkan ibu kota dari Jakarta,” ujarnya Kamis (2/11/2023). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Ajakan Manis Jokowi di Depan Para Pengusaha Terlibat Bangun IKN

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.