Akankah 2022 Jadi Musim Semi Investasi Pertekstilan?

Sejumlah pelaku usaha belakangan meninjau ulang rencana mereka untuk berinvestasi atau ekspansi pada sektor hulu industri TPT setelah Perang Rusia-Ukraina pecah pada Februari 2022.

Wike D. Herlinda
Mar 28, 2022 - 2:00 PM
A-
A+
Akankah 2022 Jadi Musim Semi Investasi Pertekstilan?

Sejumlah karyawan tengah memproduksi pakaian jadi di salah satu pabrik produsen dan eksportir garmen di Bandung, Jawa Barat, Selasa (25/1/2022). Bisnis/Rachman

Bisnis, JAKARTA — Pemerintah mengeklaim investasi ke industri tekstil dan produk tekstil pada 2022 dkembali mengalir setelah vakum selama 2 tahun akibat pandemi Covid-19. Akan tetapi, sebagian industriawan justru menilai pemodal masih ragu untuk menanam kapital ke sektor tersebut.

Direktur Tekstil, Kulit, dan Alas Kaki Kementerian Perindustrian Elis Masitoh mengonfirmasi penanaman modal yang bakal mengucur ke sektor tekstil dan produk tekstil (TPT) pada 2022 menembus lebih dari Rp90 triliun. 

Jumlah tersebut dialokasikan untuk industri hulu seperti pabrik rayon dan benang poliester. Industri serat rayon akan menambah kapasitas dari 300.000 ton per tahun menjadi 600.000 ton per tahun dengan nilai investasi sekitar Rp90 triliun. 

Untuk benang poliester, investasi untuk penambahan kapasitas kurang lebih US$60 juta atau sekitar Rp860 miliar.

Editor: Wike Dita Herlinda
company-logo

Lanjutkan Membaca

Akankah 2022 Jadi Musim Semi Investasi Pertekstilan?

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ