Akhir Era 3G, Transaksi EDC Perbankan Dalam Ancaman?

Perbankan memastikan pemadaman teknologi 3G yang gencar dilakukan operator seluler tahun ini tidak akan mengganggu transaksi pada mesin-mesin EDC perbankan yang tersebar di sejumlah mitra.

Emanuel Berkah Caesario

28 Mar 2022 - 10.33
A-
A+
Akhir Era 3G, Transaksi EDC Perbankan Dalam Ancaman?

Karyawan minimarket menggesekan kartu debit di mesin Electronic Data Capture (EDC), di Jakarta, Selasa (5/9). Bank Indonesia melarang penggesekan ganda (double swipe) dalam transaksi nontunai dalam setiap transaksi./ANTARA-Muhammad Adimaja

Bisnis, JAKARTA — Mesin electronic data capture atau EDC perbankan menjadi salah satu yang bakal terdampak oleh rencana pemadaman jaringan 3G oleh operator seluler tahun ini. Sebab, masih cukup banyak mesin EDC yang mengandalkan jaringan ini.

Hal ini bakal menuntut peralihan cepat dan investasi tambahan dari para pengguna mesin ini demi menjamin kelancaran transaksi tidak terhambat. Hal ini bakal menjadi salah satu tantangan perbankan tahun ini, sebab jika terhambat hal ini tentu bakal berdampak pada bisnis transaksi perbankan.

Kalangan perbankan sendiri masih optimistis laju transaksi dengan menggunakan mesin EDC akan tetap tumbuh tahun ini, seiring dengan kondisi ekonomi yang terus membaik. Hanya saja, tantangan pemadaman 3G memang menjadi isu yang perlu diantisipasi.

Di Inggris dan beberapa negara lainnya, pemadaman 3G oleh operator seluler dilakukan dengan sangat hati-hati.  Tidak hanya memberi dampak bagi pelanggan, pemadaman 3G diperkirakan berdampak pada sejumlah perangkat yang masih menggunakan jaringan 3G untuk beroperasi, salah satunya mesin EDC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.