Akhir Era Suku Bunga Murah Perbankan di Depan Mata

Setelah Bank Indonesia menaikkan suku bunga acuan sebesar 50 basis poin, perbankan bersiap melakukan penyesuaian terhadap suku bunga kredit dan simpanan. Dalam kondisi likuiditas yang ketat dan pertumbuhan kredit yang melambat, perbankan perlu melancarkan sejumlah strategi untuk menaikkan suku bunga.

Emanuel Berkah Caesario

23 Sep 2022 - 18.45
A-
A+
Akhir Era Suku Bunga Murah Perbankan di Depan Mata

Karyawan melintas di dekat logo Bank Indonesia di Jakarta, Senin (3/2/2020).

Bisnis, JAKARTA — Keputusan Bank Indonesia untuk menaikkan suku bunga acuan secara agresif dalam Rapat Dewan Gubernur pekan ini bakal berimbas pada kebijakan suku bunga perbankan, baik itu bunga pinjaman maupun simpanan. Bagaimana dampaknya terhadap kinerja perbankan?

Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) pada 21 - 22 September 2022 memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuan atau BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 50 basis points (bps) menjadi 4,25 persen.

Ini adalah kenaikan kedua tahun ini, sekaligus menjadi yang tertinggi sejak BI menggunakan suku bunga kebijakan baru ini pada April 2016 lalu. Kenaikan pertama terjadi pada Agustus 2022 lalu, tetapi hanya 25 bps.

Sejauh ini, belum banyak perubahan berarti pada suku bunga perbankan sebagai respons atas perubahan kebijakan suku bunga bulan lalu. Namun, perubahan kebijakan suku bunga yang signifikan bulan ini tampaknya mau tidak mau bakal memaksa perbankan untuk segera melakukan penyesuaian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.