Akhir Inflasi Indonesia di 2022, Tanyakan Saja pada Pertalite

Tahun 2022 bisa ditutup dengan inflasi di kisaran 4,0. Tantangan yang harus dihadapi pemerintah salah satunya adalah menjinakkan lonjakan harga komoditas global akibat perang Rusia dan Ukraina.

Saeno

27 Apr 2022 - 19.28
A-
A+
Akhir Inflasi Indonesia di 2022, Tanyakan Saja pada Pertalite

Jika harga bbm pertalite tidak jadi dinaikkan, inflasi Indonesia pada 2022 bisa berada di posisi yang diperkirakan pemerintah./Ilustrasi

Bisnis, JAKARTA – Indonesia bisa menutup tahun 2022 dengan capaian inflasi maksimal di angka 4,0 persen. Hal itu dimungkinkan jika tidak ada lagi kenaikan harga komoditas di dalam negeri. Tantangan yang harus dihadapi pemerintah salah satunya adalah menjinakkan lonjakan harga komoditas global akibat perang Rusia dan Ukraina.

Sementara itu, dalam waktu dekat, tugas pemerintah adalah memastikan inflasi selama Ramadan dan Idulfitri tidak melonjak dan berkelanjutan di bulan-bulan berikutnya. 

Pada Maret 2022, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan Indeks Harga Konsumen (IHK) mengalami inflasi sebesar 0,66 persen secara bulanan (month-to-month/mtm). Tingkat inflasi pada Maret 2022 merupakan yang tertinggi sejak Mei 2019. Saat itu terjadi inflasi 0,68 persen secara bulanan (month to month/mtm).

Menurut Kepala Badan Pusat Statistik Margo Yuwono, dalam konferensi pers, Jumat (1/4/2022), berdasarkan kelompok pengeluaran terdapat tiga penyumbang terbesar inflasi Maret 2022. Ketiganya adalah kelompok makanan, minuman, dan tembakau, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga, serta perawatan pribadi dan jasa lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.