Akrobat Erdogan, Paksa Bank Sentral Turki Turunkan Suku Bunga

Di saat inflasi masih melambung tinggi, Erdogan malah memerintahkan bank sentral memangkas suku bunga. Inflasi di Turki telah mencapai 80 persen, saat bank sentral Turki membuat kejutan dengan memangkas suku bunga utama sebesar 100 basis poin.

Saeno

19 Agt 2022 - 10.24
A-
A+
Akrobat Erdogan, Paksa Bank Sentral Turki Turunkan Suku Bunga

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memerintahkan bank sentral memangkas suku bunga demi membantu meningkatkan ekspor./aa.com.tr

Bisnis, JAKARTA – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan membuat langkah akrobatik untuk menghentikan keparahan kondisi ekonomi. Di saat inflasi masih melambung tinggi, Erdogan malah memerintahkan bank sentral memangkas suku bunga. Inflasi di Turki telah mencapai 80 persen, saat bank sentral Turki membuat kejutan dengan memangkas suku bunga utama sebesar 100 basis poin.

Dengan pemangkasan tersebut, suku bunga utama Bank Sentral Turki kini berada di posisi 13. Pemangkasan suku bunga besar-besaran itu tak lepas dari “saran” Erdogan demi mengucurnya kredit murah untuk membantu meningkatkan ekspor.

Dampak dari penurunan suku bunga tersebut membuat Lira Turki turun lebih dari 1 persen. Pasar terkaget-kaget dengan keputusan bank sentral yang anti-mainstream tersebut. 

Inflasi Turki tercatat di posisi tertinggi dalam 24 tahun terakhir sehingga menggerus pendapatan dan tabungan masyarakat. Bank Sentral Turki menyatakan resesi semakin dinilai sebagai faktor risiko yang tak terhindarkan karena menurunkan tingkat lelang repo satu minggu menjadi 13 persen dari 14 persen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.