Aksi Emiten Serbu Pasar Rights Issue demi Dana Murah

Rights issue bakal menjadi pilihan yang banyak diambil oleh emiten pada paruh kedua tahun ini dalam rangka menambang modal, mengingat pilihan lainnya seperti emisi surat utang maupun pinjaman bank cenderung bakal makin mahal seiring dengan tren kenaikan suku bunga global.

Emanuel Berkah Caesario
Aug 3, 2022 - 12:59 PM
A-
A+
Aksi Emiten Serbu Pasar Rights Issue demi Dana Murah

Ilustrasi rights issue. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Sejumlah besar emiten bersiap untuk melakukan penambahan modal melalui emisi saham baru di Bursa Efek Indonesia dengan mekanisme rights issue pada sisa tahun ini. Bayang-bayang kenaikan suku bunga dan yield surat utang menjadikan penambahan ekuitas pilihan yang lebih murah.

Bursa Efek Indonesia mencatat sudah ada 45 emiten yang ada dalam daftar tunggu atau pipeline untuk menggelar aksi penambahan modal dengan memberikan hak untuk memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD) atau rights issue per 1 Agustus 2022.

Emiten-emiten tersebut berasal dari berbagai sektor. Sektor keuangan menjadi sektor dengan jumlah emiten terbanyak dalam daftar tunggu tersebut, yakni mencapai 17 emiten. Di posisi kedua dan ketiga ada sektor basic materials sebanyak enam emiten dan consumer cyclicals lima emiten.


Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Aksi Emiten Serbu Pasar Rights Issue demi Dana Murah

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ