Aksi Korporasi Indihome-Telkomsel, “Spin Off” Bukan “Merger”

Dirut Telkom (TLKM), Ririek Adriansyah menyatakan Telkomsel akan mengakusisi lini bisnis milik IndiHome terutama di bisnis kepada konsumen atau B2C.

Jaffry Prabu Prakoso

6 Apr 2023 - 18.07
A-
A+
Aksi Korporasi Indihome-Telkomsel, “Spin Off” Bukan “Merger”

Konsumen sedang berkonsultasi soal produk Telkomsel. /Bisnis-Fanny Kusumawardhani

Bisnis, JAKARTA – Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) Ririek Adriansyah menjelaskan terkait integrasi layanan antara dua entitas usahanya yaitu Telkomsel dan Indihome.

Ririek menyatakan bahwa perjanjian pemisahan bersyarat (conditional spin-off agreement) untuk mengintegrasikan Telkomsel dengan Indihome telah diteken pada tanggal 6 April 2023.

Namun, Ririek menyatakan bahwa dengan adanya aksi korporasi ini, nantinya Telkomsel akan mengakusisi lini bisnis milik IndiHome terutama di bisnis kepada konsumen atau B2C.


Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Ririek Adriansyah di sela-sela acara B20 Summit di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC). /Bisnis-Akbar Evandio


"Banyak yang salah tangkap mengatakan merger. Ini bukan merger, ini merupakan spin off," kata Ririek di Telkom Landmark Tower, Kamis (6/4/2023)

Ririek pun menjelaskan tidak semua lini bisnis dan infrastuktur milik IndiHome diambil alih oleh Telkomsel karena beberapa infrastruktur masih diolah oleh Telkom. Dengan begitu, ke depannya jika operasi dan bisnis sudah berjalan, Telkomsel harus membayar ke Telkom terkait beberapa infrastuktur Indihome.

Dia mengatakan bahwa legalitas proses spin off akan selesai pada 1 Juli 2023 dan konsumen dapat memakai dua layanan menjadi satu ini pada 1 Agustus 2023.

Baca juga: Warna Warni Rapor Emiten Properti 2022, Mana Paling Juara?

"Nantinya semua call center dan aplikasi akan sama. Untuk aplikasi akan memakai MyTelkomsel," jelas Rirek.

Diberitakan sebelumnya, VP Investor Relations Telkom Edwin Sebayang menyampaikan bahwa TLKM telah menandatangani conditional spin-off agreement dengan Telkomsel pada tanggal 6 April 2023.

Hal itu sehubungan dengan rencana Telkom untuk melakukan suatu restrukturisasi korporasi dan transformasi bisnis yang akan dilakukan melalui pemisahan tidak murni (spin off) atas segmen usaha IndiHome.

Baca juga: Kekuatan Emiten Emas Hitam Tergerus Harga Batu Bara

Untuk diketahui, IndiHome memiliki sejumlah layanan, yakni internet, voice bundling (termasuk voice only (1P) dengan akses homewifi), internet protocol television (IPTV), over-the-top (OTT), dan layanan digital (digital services).

"Berdasarkan Perjanjian Pemisahan Bersyarat, nilai dari segmen usaha IndiHome yang akan dipisahkan adalah sebesar Rp58.249.920.571.200 (Rp58,24 triliun)," jelasnya dalam keterangan resmi, Kamis (6/4/2023).


Sebagai bagian dari Rencana Pemisahan ini, Telkom dan Telkomsel juga telah menandatangani beberapa perjanjian komersial lain yang terkait, yaitu suatu wholesale agreement terkait dengan penyediaan infrastruktur, TSA 1 terkait dengan penyediaan layanan fixed broadband core dan TSA 2 terkait dengan penyediaan layanan IT system (Transaksi Terkait).

Tujuan dilakukannya Rencana Pemisahan adalah untuk mempertahankan daya saing dan keunggulan Grup Telkom dalam menghadapi persaingan usaha di sektor telekomunikasi Indonesia. (Khadijah Shahnaz Fitra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.