Aksi Merger & Akuisisi Startup hingga Potensi Exit Strategy

Investor masih cukup optimistis, fenomena efisiensi startup yang terjdi belakangan ini jauh dari indikasi iklim bisnis startup di Tanah Air memburuk. Justru Investor meyakini startup yang berhasil mengambil langkah tepat demi mempertahankan eksistensinya dalam kompetisi pasar.

Asteria Desi Kartikasari

7 Jun 2022 - 16.14
A-
A+
Aksi Merger & Akuisisi Startup hingga Potensi  Exit Strategy

Pengelola perusahaan rintisan digital atau startup mengoperasikan program pelayanan di sebuah kantor bersama berbasis jaringan internet (Coworking space) Ngalup.Co di Malang, Jawa Timur, Senin (12/10/2020). Kementerian Koperasi dan UKM menargetkan bisa menumbuhkan 750 wirausaha baru berbasis teknologi informasi atau startup digital setiap tahun untuk mendorong lebih banyak pelaku UMKM terakses digital./ANTARA FOTO-Ari Bowo Sucipto

Bisnis, JAKARTA—  Gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan perusahaan rintisan atau startup dapat menjadi langkah untuk  memasuki fase titik kesimbangan baru.  Fenomena tersebut hanyalah salah satu dari sekian banyak cara untuk menyelamatkan perusahaan. 

Mereka yang dapat melalui proses stress test yang terjadi saat ini, diperkirakan akan menjadi pemenang dalam kerasnya persaingan industri startup. Gejolak pada periode ini berasal dari potensi musim kemarau dari kucuran pendanaan investor. Tren ini akhirnya memaksa startup untuk memperpanjang napas melalui efisiensi, memperbaiki fundamental bisnis, dan tidak hanya mengandalkan putaran pendanaan.

Meski begitu, investor masih cukup optimistis, fenomena tersebut jauh dari indikasi bahwa iklim bisnis startup di Tanah Air memburuk. Justru, investor dinilai semakin optimistis apabila suatu startup berhasil mengambil langkah tepat demi mempertahankan eksistensinya dalam kompetisi pasar. 

Ketua Umum Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (Amvesindo) sekaligus Managing Partner Gayo Capital Jefri R. Sirait menggambarkan kondisi tersebut sebagai metafora dari sudut pandang investor terhadap kesiapan startup menghadapi gejolak pada tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Aksi Merger & Akuisisi Startup hingga Potensi Exit Strategy

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.