Aksi Merger BPR Makin Marak

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menargetkan jumlah bank perekonomian rakyat (BPR) terus menyusut menjadi hanya 1.000 saja. Tren penggabungan atau merger BPR pun menggeliat tahun ini.

Fahmi Ahmad Burhan & Emanuel Berkah Caesario

2 Okt 2023 - 16.55
A-
A+
Aksi Merger BPR Makin Marak

Ilustrasi bank. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Tren penggabungan atau merger di kalangan bank perekonomian rakyat atau BPR cukup marak tahun ini setelah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendesak pelaku industri ini untuk berkonsolidasi guna mengoptimalkan kapasitas bisnis mereka.

BPR merupakan badan usaha yang melayani jasa perbankan yang lebih terbatas dibanding bank umum, baik dari sisi lingkup layanannya maupun wilayah operasionalnya. Kendati demikian, kehadiran BPR punya peran strategis dalam perekonomian daerah.

Hingga Juni 2023 lalu, jumlah BPR di Tanah Air mencapai 1.413 bank. Jumlah ini sudah menyusut 28 bank dibanding akhir tahun 2022 yang masih sebanyak 1.441 bank. Sebagai pembanding, sepanjang 2022, penurunan jumlah BPR mencapai 27 bank, sedangkan 2021 mencapai 38 bank.

OJK berencana menekan jumlah BPR agar menjadi 1.000 badan usaha saja. OJK melihat terdapat sejumlah BPR yang beroperasi di wilayah yang sama, yang mestinya bisa berkosolidasi agar memiliki kapasitas bisnis lebih besar. Ada juga beberapa BPR yang dimiliki oleh satu pengendali yang sama, yang mestinya bisa disatukan menjadi entitas tunggal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Aksi Merger BPR Makin Marak

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.