Akuisisi Greyp, Porche Perkuat Investasi di Segmen e-Bike

Selain investasi di Greyp, Porche juga berinvestasi di perusahaan saudaranya, Rimac Automobili. 

Fatkhul Maskur

23 Nov 2021 - 21.06
A-
A+
Akuisisi Greyp, Porche Perkuat Investasi di Segmen e-Bike

Aktivitas Porsche di sektor e-bike menggarisbawahi pendekatan yang konsisten. - Foto Porsche

Bisnis, JAKARTA - Porsche mengakuisisi saham mayoritas di produsen e-bike Greyp Bikes. Lengan modal ventura pabrikan mobil sport, Porsche Ventures, telah memegang saham sekitar 10 persen di perusahaan Kroasia itu sejak 2018. 

Selain investasi di Greyp, Porche juga berinvestasi di perusahaan saudaranya, Rimac Automobili. 

Sekarang, menyusul tawaran pengambilalihan dari investor pihak ketiga yang tertarik dengan Greyp, Porsche telah menggunakan hak penolakan pertama yang disepakati secara kontrak. Pengambilalihan mayoritas produsen e-bike semakin memperluas kegiatan Porsche di sektor ini. 

Sementara Porsche menjadi pemegang saham mayoritas, hanya Mate Rimac dan pendiri Greyp lainnya yang akan mempertahankan saham minoritas di perusahaan tersebut. Pengambilalihan tersebut belum selesai secara hukum, tetapi diharapkan akan selesai pada akhir tahun.

“Porsche adalah pelopor mobilitas berkelanjutan dan secara konsisten mendorong strategi e-mobilitasnya,” kata Lutz Meschke, Wakil Ketua Dewan Eksekutif Porsche AG dan Anggota Dewan Eksekutif untuk Keuangan dan TI, Senin (22/11/2021). 

Aktivitas Porsche di sektor e-bike menggarisbawahi pendekatan yang konsisten. Porsche telah menjadi penyedia plug-in hybrid terkemuka selama bertahun-tahun, pada 2019 Porche meluncurkan Porsche all-electric pertama, Taycan.

Pada tahun lalu, satu dari tiga kendaraan yang Porsche yang kirim kepada pembelinya dilengkapi dengan motor listrik. "Tujuan ambisius kami adalah memiliki neraca CO₂-netral di seluruh rantai nilai pada 2030."

Porsche juga menyebarkan pengetahuan yang diperolehnya dari penggerak baterai-listrik dalam modelnya di pasar e-bike yang menarik dan berkembang pesat. Sepeda listrik memiliki tempat dalam strategi e-mobilitas perusahaan dan menjanjikan potensi lebih lanjut. 

Pada Maret 2021, jajaran sepeda yang telah lama ada diperluas seperti Porsche eBike Sport dan eBike Cross mewakili merek yang menggunakan sepeda listrik eksklusif. Saat ini, kedua model hampir terjual habis, berkat reaksi pasar yang sangat positif. 

Terlebih lagi, Porsche melanjutkan kemitraan lama dan suksesnya dengan Rotwild. Pekerjaan sedang berlangsung pada pembaruan produk untuk model Sport dan Cross yang ada.

Terlepas dari situasi pasar yang sulit, Porsche dengan tegas dan tanpa henti mendorong investasinya dalam digitalisasi dan elektrifikasi. Sebanyak €15 miliar akan diinvestasikan dalam teknologi baru selama lima tahun ke depan: € 6,5 miliar.

Investasi tersebut dialokasikan sebagai biaya pengembangan untuk hibridisasi dan elektrifikasi kendaraan; € 5,5 miliar untuk masalah digitalisasi seperti penawaran mobilitas cerdas, TI mobil, inovasi, dan proses bisnis baru; dan tiga miliar euro akan diinvestasikan dalam fasilitas yang berkaitan dengan e-mobilitas, misalnya dalam pengisian infrastruktur atau bangunan untuk produksi kendaraan listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.