Alarm Harga Pangan Katrol Inflasi Lebaran Sentuh 3%

Kenaikan inflasi Ramadan tahun ini diproyeksi akan tembus 3% (year-on-year/YoY) pada Maret di tengah lonjakan harga pangan akibat El Nino dan harga tiket pesawat.

Annasa Rizki Kamalina & Maria Elena

31 Mar 2024 - 16.04
A-
A+
Alarm Harga Pangan Katrol Inflasi Lebaran Sentuh 3%

Pedagang bawang putih beraktivitas di salah satu pasar di Jakarta, Selasa (3/3/2020). (Bisnis/Abdurachman)

Bisnis, JAKARTA - Kenaikan inflasi Ramadan tahun ini diproyeksi akan tembus 3% (year-on-year/YoY) pada Maret di tengah lonjakan harga pangan akibat El Nino dan harga tiket pesawat. 

Inflasi diproyeksi lebih tinggi daripada inflasi Februari sebesar 2,75% (YoY), jelang pengumuman pada 1 April oleh Badan Pusat Statitsik (BPS). Meski demikian, inflasi diyakini masih akan tetap terkendali.

Mengacu pada konsensus ekonom Bloomberg, rata-rata proyeksi inflasi Maret 2024 pada level 2,91% (YoY), dan 0,4% (MtM). Adapun sembilan dari 25 ekonom berpendapat inflasi akan menembus 3%. 

Kepala Ekonom PT Bank Permata Josua Pardede menyampaikan tingkat inflasi tahunan sangat mungkin menembus angka 3,11% (YoY). Begitu pula dengan inflasi bulanan yang diperkirakan meningkat dari 0,37% pada Februari menjadi 0,58% pada Maret. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.