Alarm Industri Properti Hadapi Sentimen Negatif & Tahun Pemilu

Hajatan Pemilu RI pada 2024 mendatang menjadi kekhawatiran tersendiri bagi sektor properti di tengah tekanan sentimen negatif. Sektor properti disinyalir bakal mengalami kontraksi ringan penjualan seiring dengan momentum Pemilu 2024.

Redaksi

8 Nov 2023 - 23.44
A-
A+
Alarm Industri Properti Hadapi Sentimen Negatif & Tahun Pemilu

Ilustrasi Jual Beli Rumah. /istimewa

Bisnis, JAKARTA – Hajatan Pemilihan Umum (Pemilu) RI pada 2024 mendatang menjadi kekhawatiran tersendiri bagi sektor properti. Meskipun merujuk histori pemilu sebelumnya industri properti bisa bertahan, namun di tahun 2024 mendatang perlu hati-hati.

Pasalnya selain Pemilu, kondisi Indonesia sedang dilanda sejumlah sentimen negatif mulai dari perang Rusia dengan Ukraina yang belum usai sejak awal tahun lalu.

Kemudian ditambah lagi konflik Israel – Palestina pada akhir September menjadi kekhawatiran tersendiri bagi kondisi ekonomi global. Eskalasi geopolitik di Timur Tengah akan berdampak pada peningkatan harga energi dan kenaikan pangan yang tentu juga berimbas pada perekonomian domestik. Kebijakan suku bunga tinggi di Amerika Serikat juga ikut mengancam stabilitas ekonomi Indonesia. Mengacu data Bloomberg dikutip Rabu, (8/11/2023) pukul 15.00 WIB, nilai tukar rupiah ditutup melemah 0,09% atau 14 poin ke level Rp15.650 per dolar Amerika Serikat (AS).

Selain itu, dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) Oktober kemarin menetapkan suku bunga acuan atau BI-7 Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) naik 25 basis poin (bps) menjadi 6%. Kenaikan suku bunga acuan ini untuk memperkuat stabilisasi nilai tukar rupiah dari dampak tingginya ketidakpastian global dan sebagai langkah preventif dan forward looking memitigasi dampaknya kepada imported inflation.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Alarm Industri Properti Hadapi Sentimen Negatif & Tahun Pemilu

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.