Alarm Naiknya Suku Bunga Bagi Asuransi Kredit hingga Properti

Keputusan Bank Indonesia (BI) menaikan suku bunga acuan dapat berpengaruh bagi bisnis asuransi, utamanya bagi asuransi kredit, kendaraan bermotor, hingga asuransi properti.

Rika Anggraeni

26 Okt 2023 - 14.25
A-
A+
Alarm Naiknya Suku Bunga Bagi Asuransi Kredit hingga Properti

Karyawan melintasi logo-logo perusahaan asuransi di Kantor Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), Jakarta, Selasa (11/02/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA — Keputusan Bank Indonesia (BI) menaikan suku bunga acuan dapat berpengaruh bagi bisnis asuransi, utamanya bagi asuransi kredit, kendaraan bermotor, hingga asuransi properti. Kebijakan tersebut bisa berefek baik dari sisi tarif premi hingga klaim. Sebab, kenaikan suku bunga di tengah inflasi dinilai bisa menimbulkan risiko kredit macet.

Sekadar informasi, bank sentral memutuskan untuk mengerek suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 25 basis poin menjadi 6%, dari sebelumnya yang ditahan di level 5,75%.

Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) berujar dampak kenaikan suku bunga  memang belum terasa saat ini. Kendati, kondisi tersebut akan berkaitan antara pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan bisnis asuransi. Menurut Direktur Eksekutif AAUI Bern Dwiyanto,  kenaikan suku bunga akan langsung dirasakan dengan barang-barang atau komoditas impor yang dibayarkan dengan dolar Amerika Serikat (AS), sehingga harga merangkak naik.

Dengan kenaikan tersebut, Bern menilai banyak orang akan mengambil posisi menahan pembelian. “Dengan kenaikan harga dan pembelian yang kemungkinan juga akan turun, maka ini pastinya turut mempengaruhi pendapatan asuransi dari premi,” kata Bern kepada Bisnis dikutip Kamis (26/10/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.