Alarm Regulator Bank AS Akan Risiko Krisis Proliferasi Fintech

Munculnya layanan fintech dan perbankan digital dapat memacu risiko keuangan dan potensi krisis dalam jangka panjang.

Asteria Desi Kartikasari

8 Sep 2022 - 14.47
A-
A+
Alarm Regulator Bank AS Akan Risiko Krisis Proliferasi Fintech

Ilustrasi pinjaman online atau financial technology lending/Freepik

Bisnis, JAKARTA— Perambahan perusahaan fintech ke dalam sektor keuangan tradisional, termasuk melalui kemitraan bank, telah menciptakan lebih banyak kompleksitas dan de-integrasi di seluruh sektor perbankan atau proliferasi.

Alarm waspada tersebut disampaikan oleh  Pejabat Pengawas Keuangan Mata Uang, regulator utama AS, Michael Hsu. “Perasaan saya yang kuat adalah bahwa proses ini, yang dibiarkan sendiri, kemungkinan akan dipercepat dan berkembang sampai ada masalah yang parah, atau bahkan krisis,” kata Hsu dalam konferensi New York seperti dikutip Antara Kamis (8/9/2022).

Bank-bank dan perusahaan teknologi, dalam upaya untuk memberikan pengalaman pelanggan yang mulus, bekerja sama dengan cara yang mempersulit regulator untuk membedakan dimana bank berhenti dan dimana perusahaan teknologi mulai.Dengan turunnya valuasi fintech karena pembiayaan yang meningkat, kemitraan bank dengan fintech meningkat. 

Kendati begitu, siatuasi tersebut dapat menciptakan risiko-risiko TI seputar keamanan dan ketahanan informasi, serta menimbulkan masalah perlindungan pelanggan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Alarm Regulator Bank AS Akan Risiko Krisis Proliferasi Fintech

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.