Alarm Sektor Terdampak Fenomena El Nino, dari CPO hingga Farmasi

Fenomena El Nino yang hampir dipastikan melanda Indonesia yang kemudian dapat memengaruhi kinerja saham dan operasional sejumlah emiten, di antaranya sektor perkebunan dan CPO, farmasi, serta consumer goods.

Iim Fathimah Timorria

28 Mei 2023 - 19.51
A-
A+
Alarm Sektor Terdampak Fenomena El Nino, dari CPO hingga Farmasi

Pekerja menata kelapa sawit saat panen di kawasan Kemang, Kabupaten Bogor, Minggu (30/8/2020). Badan Litbang Kementerian ESDM memulai kajian kelayakan pemanfaatan minyak nabati murni (crude palm oil/CPO) untuk pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) hingga Desember 2020. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis, JAKARTA— Fenomena El Nino yang hampir dipastikan melanda Indonesia yang kemudian dapat memengaruhi kinerja saham dan operasional sejumlah emiten, di antaranya  sektor perkebunan dan CPO, farmasi, serta consumer goods. 

Dinamika iklim panas El Nino yang disertai dengan kekeringan berkepanjang tersebut secara historis memiliki dampak signifikan bagi kinerja emiten di sejumlah sektor. Terkait hal itu, melalui risetnya analis BRI Danareksa Sekuritas Natalia Sutanto, Hasan Barakawan dan Ismail Fakhri Suweleh menyebutkan bahwa sektor yang akan terdampak paling besar dari El Nino adalah perkebunan sawit karena bisa memicu penurunan produksi. 

Selain itu, cuaca yang kering selama El Nino bakal menghalangi berkembangnya bunga sawit dan membuat produksi tandan buah segar (TBS) lebih rendah. Analis BRI Danareksa Sekuritas juga menilai fenomena El Nino dalam tiga periode sebelumnya yaitu 2002,  2004, dan 2015 membuat harga CPO naik rata-rata 5,5 persen dan 16 persen dalam 12 bulan setelahnya. 

“Kami memperkirakan tren serupa bakal terjadi dengan potensi kenaikan harga pada semester kedua 2024. Untuk 2023, kami meyakini permintaan yang lemah masih terjadi karena ekspor yang turun, sementara harga minyak nabati lainnya turun,” tulisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.