Alasan Bank Asing Sulit Bersaing di Indonesia

Bersaing di pasar keuangan Indonesia tidaklah mudah bagi bank asing. Faktor-faktor yang melibatkan dinamika lokal, regulasi, dan preferensi konsumen menciptakan tantangan yang unik.

Fahmi Ahmad Burhan

19 Nov 2023 - 14.17
A-
A+
Alasan Bank Asing Sulit Bersaing di Indonesia

Ilustrasi gedung bank. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Pasar keuangan Indonesia, dengan segala potensinya, ternyata menjadi medan yang penuh dengan tantangan bagi bank-bank asing. Aksi pelepasan aset bank di Indonesia oleh perbankan asing mengirimkan sinyal sulitnya perbankan asing untuk bersaing di pasar lokal Indonesia.

Tahun ini, industri perbankan nasional menyaksikan tiga aksi korporasi penting pelepasan aset bank di Indonesia oleh bank asing. 

Pertama, pelepasan bisnis consumer banking Citibank N.A. Indonesia (Citi Indonesia) PT Bank UOB Indonesia. Kedua, pelepasan unit usaha dari Commonwealth Bank of Australia (CBA) di Indonesia yakni PT Bank Commonwealth ke PT Bank OCBC NISP Tbk. (NISP).

Ketiga, penjualan lini bisnis konsumer dari Standard Chartered Bank Indonesia (SCBI) kepada PT Bank Danamon Indonesia Tbk. (BDMN).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.