Alasan Beda Arah Performa Saham & Keuangan Duo Emiten Indofood Salim

Brankas duo emiten Grup Salim, yakni PT Indofood Sukses Makmur Tbk. (INDF) dan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. (ICBP) kian menebal. Namun harga saham di lantai bursa memiliki performa yang berbeda.

Dionisio Damara

26 Mar 2024 - 16.43
A-
A+
Alasan Beda Arah Performa Saham & Keuangan Duo Emiten Indofood Salim

Pelanggan mengambil paket mi goreng Indomie produksi PT Indofood CBP Suskes Malmur Tbk (ICBP) di supermarket Hypermart. - Bloomberg/Dimas Ardian

Bisnis, JAKARTA—  Kinerja saham INDF dan ICBP justru terkoreksi di tengah moncernya kinerja keuangan perseroan. Situasi tersebut tercermin pada perdagangan Selasa (26/3/2024) parkir zona merah, saham INDF berada di level Rp6.375 atau turun 1,14%, sedangkan saham ICBP melemah 3,12% menuju Rp10.850. 

Menurut, Lead Investment Analyst Stockbit Edi Chandren memperkirakan rilis kinerja 2023 berpotensi memberikan sentimen negatif terhadap saham INDF dan ICBP. “Sebab, nilai penurunan investasinya signifikan dan dapat muncul kekhawatiran mengenai masih adanya potensi penurunan nilai investasi pada 2024,” ujar Edi dalam riset terbaru dikutip Selasa (26/3/2024).

Dia mengatakan, pada kuartal IV/2023, laba bersih INDF tercatat mencapai Rp1,06 triliun atau terkoreksi 30% secara kuartalan (quarter-on-quarter/QoQ) dan melemah 38% YoY. Adapun perolehan ini ditekan oleh pencatatan kerugian nilai investasi pada entitas asosiasi sebesar Rp2,43 triliun. Hasil ini utamanya disebabkan oleh penurunan nilai wajar Dufil Prima Foods Plc. (DPFP), entitas asosiasi yang beroperasi di Nigeria, senilai Rp1,81 triliun.

“Kami menduga bahwa penurunan nilai wajar DPFP terkait dengan krisis nilai tukar naira Nigeria yang anjlok 50% terhadap rupiah selama 2023,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Alasan Beda Arah Performa Saham & Keuangan Duo Emiten Indofood Salim

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.