Alasan China Pangkas Suku Bunga Kredit Besar-besaran

Perbankan di China memangkas suku bunga acuan pinjaman untuk pertama kalinya sejak Juni guna menyelamatkan pasar properti yang sudah lesu terlalu lama.

Nindya Aldila

21 Feb 2024 - 13.45
A-
A+
Alasan China Pangkas Suku Bunga Kredit Besar-besaran

Properti China (Reuters)

Bisnis, JAKARTA - Perbankan di China memangkas suku bunga acuan pinjaman untuk pertama kalinya sejak Juni guna menyelamatkan pasar properti yang sudah lesu terlalu lama. 

Sementara itu, bank sentral China atau PBOC mempertahankan suku bunga pinjaman 1 tahun sebesar 3,45%. Adapun suku bunga pinjaman 5 tahun yang menjadi patokan sebagian besar kredit dipangkas 25 basis poin menjadi 3,95%, seperti dikutip dari pernyataan PBOC dari CNBC International, Selasa (20/2/2024). 

Pemangkasan lebih besar dibandingkan perkiraan ekonom Reuters sebelumnya. "Pergerakan asimetris ini menandakan berlanjutnya preferensi pemerintah terhadap pelonggaran, dan keinginannya untuk meningkatkan dukungan bagi sektor properti," kata Louise Loo, ekonom utama di Oxford Economics. 

Pemangkasan yang besar juga menunjukkan adanya kekhawatiran di antara para pengambil kebijakan di Beijing bahwa pelonggaran kebijakan yang diterapkan secara bertahap sejauh ini hanya berdampak kecil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.