Alasan Jack Ma Lepas Saham Ant Group & Angin Segar Alibaba

Keputusan Jack Ma untuk melepas kendali Ant Group menjadi salah satu jalan untuk melunakkan regulator China, untuk memberikan jalan mulus bagi bisnis Alibaba Grup.

Asteria Desi Kartikasari

9 Jan 2023 - 21.27
A-
A+
Alasan Jack Ma Lepas Saham Ant Group & Angin Segar Alibaba

Jack Ma, yang kekayaan pribadinya mencapai US$55 miliar, menghilang dari pandangan publik selama hampir tiga bulan setelah komentarnya tentang aturan keuangan global. /Bloomberg

Bisnis, JAKARTA—  Menenangkan regulator dan mendukung pasar global bisa menjadi salah satu alasan taipan Jack Ma harus melepaskan kendali Ant Group Co. Kabar tersebut membuat saham-saham teknologi di China termasuk raksasa e-commerce Alibaba mendapat angin segar dari tindakan keras pemerintah Beijing.

Sebelumnya pemerintah China memberikan tekanan keras terhadap perusahaan teknologi milik Jack Ma itu. Angin segar dari pengorbanan tersebut mulai tercermin dari melonjaknya saham Alibab.

Mengutip Bloomberg, Senin (9/1/2023), indeks teknologi Hang Seng melonjak 3,2 persen pada Senin, dipimpin oleh Alibaba Group Holding Ltd., setelah seorang pejabat tinggi bank sentral mengatakan tindakan keras pada sektor internet hampir berakhir.

Pasar yang lebih luas juga menguat. Hal ini tercermin dari indeks acuan saham China yang terdaftar di Hong Kong naik 2 persen. Langkah tersebut sebagai salah satu sinyal yang menandakan berakhirnya tekanan perusahaan swasta di China. Kondisi itu juga di dukung oleh pihak berwenang yang membatalkan pembatasan Covid-19 setelah diperketat. Kebijakan tersebut juga menopang sektor properti yang tertekan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.