Alasan Sri Mulyani Tak Bayar Utang Pemerintah ke Jusuf Hamka

Cerita penagihan utang pengusaha jalan tol, Jusuf Hamka atas nama emitennya, PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk. (CMNP) kepada pemerintah kian menarik. Menteri Keuangan Sri Mulyani kini mengungkapkan alasan utang tersebut tak kunjung dibayar.

Rinaldi Azka

12 Jun 2023 - 18.10
A-
A+
Alasan Sri Mulyani Tak Bayar Utang Pemerintah ke Jusuf Hamka

Upaya penagihan utang pemerintah oleh pengusaha jalan tol, Jusuf Hamka masih bakal panjang./Istimewa

Bisnis, JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan alasan pihaknya tak mau buru-buru untuk melunasi utang pemerintah senilai Rp800 miliar ke PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk. (CMNP) milik pengusaha jalan tol, Jusuf Hamka. 

Sri Mulyani mengatakan jika dilihat secara keseluruhan, persoalan ini tidak terlepas dari krisis 1998 ketika bank-bank, yang memiliki masalah likuiditas, diambil alih oleh pemerintah melalui program Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). 

“Di mana di situ ada berbagai prinsip-prinsip mengenai afiliasi dan kewajiban dari mereka yang terafiliasi. Jadi, memang ada proses hukum pengadilan dalam hal ini,” ujar Menkeu saat ditemui awak media di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (12/6/2023). 

Sri Mulyani menambahkan saat ini Satgas BLBI juga tercatat masih memiliki target penagihan jumbo kepada para obligor BLBI, termasuk pihak-pihak yang terafiliasi dengan Bank Yama milik Siti Hardijanti Rukmana alias Tutut Soeharto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.