Alasan Telkom (TLKM) Bertahan di GOTO Meski Terus Merugi

Telkom menanggung kerugian bernilai besar dari investasinya di GOTO. Meski demikian, perseroan mengungkapkan telah mengantongi nilai yang tak kalah besarnya dari hasil sinergi antara kedua grup.

Emanuel Berkah Caesario

26 Mar 2023 - 20.32
A-
A+
Alasan Telkom (TLKM) Bertahan di GOTO Meski Terus Merugi

Karyawan melayani pelanggan di salah satu gerai Grapari di Jakarta, Selasa (3/1/2023). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis, JAKARTA — Emiten telekomunikasi BUMN PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) mencatatkan rugi investasi sebesar Rp6,74 triliun dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO). Meski demikian, Telkom tidak berniat mengurangi atau mengakhiri investasinya pada perusahaan teknologi tersebut.

Perseroan memiliki alasan tersendiri di balik keputusan tersebut. Lagi pula, Telkom juga mencatatkan adanya keuntungan lain melalui sinergi dengan GOTO.

Investasi TLKM di GOTO dilakukan melalui Telkomsel. Kerugian senilai Rp6,74 triliun tersebut tercatat sebagai kerugian yang belum direalisasi dari perubahan nilai wajar atas investasi dalam laporan laba rugi konsolidasian untuk periode akhir tahun 2022.

Di pos ini, secara total TLKM membukukan kerugian senilai Rp6,44 triliun. Capaian ini justru berbalik dari tahun sebelumnya, yang mana TLKM membukukan keuntungan sebesar Rp3,43 triliun. Akibat dari kerugian itu, laba usaha TLKM ikut tertekan dari Rp47,56 trilin ke level Rp39,58 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Alasan Telkom (TLKM) Bertahan di GOTO Meski Terus Merugi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.