All-New Corolla Cross, Bentuk Baru Menjawab Tuntutan Baru

Toyota Motor Corporation (Toyota) meluncurkan All-New Corolla Cross, Selasa (14/9/2021). Di Indonesia, Corolla Cross yang diperkenalkan awal Agustus 2020 mendapatkan sambutan hangat dari pasar.

Moh. Fatkhul Maskur

17 Sep 2021 - 13.00
A-
A+
All-New Corolla Cross, Bentuk Baru Menjawab Tuntutan Baru

Corolla Cross menggabungkan platform GA-C yang dikembangkan sepenuhnya dengan rangka bodi yang ringan dan kokoh. - Foto Toyota

Bisnis, JAKARTA ― Toyota Motor Corporation (Toyota) meluncurkan All-New Corolla Cross, Selasa (14/9/2021). Di Indonesia, Corolla Cross yang diperkenalkan awal Agustus 2020 mendapatkan sambutan hangat dari pasar.

Seri Corolla, sejak peluncuran generasi pertama pada 1966 itu terus berkembang dan menerima tantangan baru berdasarkan konsep plus alpha.

Selain sedan, wagon, dan hatchback yang saat ini mengisi line-up, seri Corolla di berbagai titik menampilkan beragam model yang tidak terbebani oleh konsep tubuh atau gaya yang sudah terbentuk sebelumnya. Seri Corolla dijual di lebih dari 150 negara dengan penjualan kumulatif 50 juta unit per Juli 2021.

Corolla Cross yang serba baru mewarisi konsep "plus alpha" dari generasi sebelumnya dari seri Corolla, serta misinya untuk tetap dekat dengan pelanggan dan terus berkembang. SUV Corolla menawarkan bentuk baru untuk tuntutan baru zaman ini. 

All-new Corolla Cross menggabungkan interior yang luas dan karakteristik utilitas SUV dengan kinerja kuat dan efisiensi bahan bakar.

Utilitas SUV

Corolla Cross, sebagai sebuah SUV, menawarkan dua hal dari aspek fungsinya, yakni kenyamanan yang memanfaatkan sepenuhnya gaya tubuh tinggi, serta ruang bagasi yang lega dengan berbagai tata letak.

Corolla Cross yang serba baru menggabungkan visibilitas luar biasa dengan jarak kepala yang cukup, memastikan bahwa penumpang di setiap kursi dapat menghabiskan setiap perjalanan―dari perjalanan perkotaan hingga perjalanan jauh―dengan nyaman. 

Kursi depan memberikan sudut pandang tinggi dari sebuah SUV, sementara pilar depan yang ramping dan panel instrumen rapi menghasilkan kokpit dengan bidang pandang penuh dan kontrol yang mudah diakses; kursi belakang dapat diakses dengan mudah melalui pintu samping belakang yang besar dan, karena dapat direbahkan, mereka menjanjikan kenyamanan dan kemudahan yang luar biasa. 

Panorama Roof membantu mewujudkan rasa luas. Permukaan kacanya besar memberikan pemandangan langit kepada penumpang di setiap kursi, memperluas jangkauan penglihatan mereka, sementara naungan bermotor yang dapat ditarik memungkinkan kontrol atas jumlah sinar matahari yang masuk ke dalam kendaraan.

Selain itu, all-new Corolla Cross menawarkan beberapa kapasitas bagasi terbaik di kelasnya, dengan 487 liter tersedia bahkan saat duduk lima orang. Melipat kursi belakang semakin memperluas area bagasi, memberikan ruang yang cukup bahkan untuk membawa sepeda jalan raya. 

Pintu bagasi besar diatur pada ketinggian 720 mm di atas tanah, untuk memudahkan bahkan bagi pengguna yang lebih pendek untuk memuat dan menurunkan bagasi. Pintu belakang hands-free―dioperasikan hanya dengan membawa kunci dan menempatkan satu kaki di bawah bumper belakang―memungkinkan pintu belakang dibuka dan ditutup bahkan ketika kedua tangan penuh. 

Kotak Aktif Bagasi yang sangat fungsional telah dirancang khusus untuk Corolla Cross. Ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan barang bawaan tanpa terlihat, sementara tutupnya dapat ditutup rata untuk membuka lebih banyak ruang bagasi. Dengan demikian menawarkan potensi untuk berbagai tata letak ruang bagasi.

Desain Kemewahan

All-new Corolla Cross telah dirancang untuk menjadi "urban dan aktif", dengan dinamisme dan kecanggihan sebuah SUV. Proporsi perkotaan yang menawan berakar pada kontras antara bodi bagian atas yang santai―termasuk permukaan kaca, serta lampu depan dan belakangdan bumper lebar yang stabil. Kendaraan ini tersedia dalam total delapan warna yang menonjolkan desain urban dan canggihnya.

Dari panel instrumen hingga trim pintu, interior memancarkan rasa kontinuitas yang berkontribusi pada ruang interior yang luas. LED digunakan untuk semua penerangan kabin, membantu mencapai interior yang mewah dan canggih, namun sekaligus kasual. Kursi depan yang sportif memiliki sandaran yang ramping dan memberikan dukungan yang luar biasa*8.

Performa Kendaraan

Powertrain Corolla Cross menghadirkan pengendaraan yang menyenangkan dan intuitif. Baik versi hybrid maupun bensin dari all-new Corolla Cross dilengkapi dengan mesin 1,8 liter yang dioptimalkan.

Mobil merespons operasi akselerator dengan andal, dan memperoleh kecepatan dengan cara yang mulus dan menyenangkan. 

Versi hibrida menghadirkan efisiensi bahan bakar terdepan di kelasnya sebesar 26,2 km/L; sistem 4WD elektrik E-Four mereka tidak hanya berkontribusi pada efisiensi bahan bakar yang luar biasa, tetapi juga memastikan perilaku yang konsisten baik saat berakselerasi maupun saat berkendara di salju atau permukaan licin lainnya.

Sementara itu bodi dengan kekakuan tinggi membuat stabilitas kemudi terjaga, dan suspensi dirancang untuk pengendaraan yang lentur dan nyaman.

Corolla Cross menggabungkan platform GA-C yang dikembangkan sepenuhnya dengan rangka bodi yang ringan dan kokoh untuk memberikan kemudi yang gesit dan stabil dengan cara yang tidak sesuai dengan ketinggian kendaraannya yang tinggi. 

Bahan penyerap suara telah didistribusikan secara optimal untuk mengurangi kebisingan mesin dan suara bising di jalan, serta membantu meningkatkan kenyamanan dan ketenangan kabinnya. 

Sedangkan untuk suspensi, struts MacPherson digunakan untuk bagian depan pada semua grade Corolla Cross. Grade 2WD menampilkan torsion beam yang baru dikembangkan dan bushing karet besar di bagian belakang, kombinasi yang menghasilkan ketahanan yang luar biasa di jalan yang tidak rata, ditambah dengan pengendaraan yang mewah. 

Grade E-Four dilengkapi dengan pengaturan double wishbone di bagian belakang, yang terus dikembangkan dari generasi Corolla sebelumnya, dengan titik pemasangan lengan yang dioptimalkan untuk stabilitas dan responsivitas yang luar biasa. 

Radius belok minimum Corolla Cross hanya 5,2 meter, termasuk yang terkecil di kelasnya, memudahkan manuver di jalan sempit dan di tempat parkir.

Fitur Canggih

Semua grade Corolla Cross dilengkapi dengan paket keamanan aktif terbaru sebagai standar, seperti Toyota Safety Sense yang memberikan dukungan berkendara di semua aspek skenario penggunaan sehari-hari. 

Selain itu Parking Support Brake dan Back Guide Monitor juga dipasang sebagai standar untuk semua grade kecuali G X, yang memungkinkan pengguna mengemudi dengan tenang bahkan di ruang sempit seperti tempat parkir. 

Plus Support juga tersedia, untuk mengontrol akselerasi mendadak akibat kesalahan penggunaan pedal akselerator, terlepas dari apakah ada rintangan di dekatnya atau tidak.

Stopkontak aksesori (AC100V/1.500W) dan Mode Catu Daya Darurat tersedia di Corolla Cross versi hibrida. Selama pemadaman listrik dan waktu darurat lainnya, memarkir kendaraan dan menempatkannya dalam Mode Catu Daya Darurat memungkinkan Corolla Cross digunakan untuk menyalakan peralatan listrik seperti ketel listrik dan pengering rambut, sehingga memberikan ketenangan pikiran tambahan bagi pengguna.

Selama mengemudi normal, baik kelas hybrid maupun bensin dapat mengisi daya ponsel cerdas dan perangkat listrik lainnya melalui terminal USB di dalam kabin.

Di Jepang, all-new Corolla Cross juga ditawarkan melalui layanan berlangganan mobil KINTO ONE. Karena biaya bulanan termasuk asuransi sukarela, layanan ini sangat cocok untuk pengemudi generasi muda dan pelanggan yang baru saja mulai mengemudi; pelanggan dapat mendaftar baik secara online atau di dealer Toyota. 

Corolla Cross merupakan salah satu model yang dipasarkan Toyota di Indonesia. Corolla Cross diluncurkan di Indonesia pada Kamis (6/8/2020). Model sport utility vehicle ini hadir dalam pilihan mesin bensin dan hibrida.

Astra Motor (TAM) menyatakan pemesanan Corolla Cross di atas ekspektasi sejak sepekan diluncurkan. Selain dari jumlah pemesanan yang melebihi perkiraan, versi hibrida ternyata mendominasi order pembelian.

Toyota Corolla Cross bermesin bensin dibanderol Rp457,8 juta, sedangkan tipe tertinggi yang menggunakan mesin hibrida dilabeli harga Rp497,8 juta on the road Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.