Ambisi Besar Pemerintah Menuntaskan Backlog Hunian Pada 2045

Pemerintah menargetkan angka backlog hunian yang saat ini mencapai 12,75 juta dapat tuntas atau mencapai zero pada 100 tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Artinya, Indonesia memiliki waktu 23 tahun lagi untuk mengentaskan angka backlog.

Yanita Petriella

20 Nov 2022 - 23.10
A-
A+
Ambisi Besar Pemerintah Menuntaskan Backlog Hunian Pada 2045

-

Bisnis, JAKARTA – Pemerintah menargetkan angka backlog hunian yang saat ini mencapai 12,75 juta dapat tuntas atau mencapai zero pada 100 tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Artinya, Indonesia memiliki waktu 23 tahun lagi untuk mengentaskan angka backlog. 

Namun di sisi lain, setiap tahunnya terdapat tambahan angka backlog 600.000 hingga 800.000 unit rumah dari keluarga baru.  Hal ini menjadi tantangan tersendiri dalam mengentaskan angka backlog. Pasalnya, pembangunan rumah yang dapat dipenuhi hanya sekitar 200.000-300.000 unit per tahun. Tentunya target zero backlog pada tahun 2045 mendatang menjadi sebuah tantangan tersendiri. 

Untuk mengurangi angka backlog tersebut, kami telah berupaya menyelesaikan masalah perumahan melalui program satu juta rumah. Program tersebut merupakan gerakan bersama seluruh stakeholders untuk mewujudkan percepatan penyediaan rumah layak huni bagi seluruh masyarakat Indonesia, ujarnya Sabtu (19/11/2022). 

Program Sejuta Rumah (PSR) dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 29 April 2015 di Jawa Tengah dan dikategorikan sebagai Proyek Strategis Nasional sebagaimana tertera dalam Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN). Melalui program tersebut, pemerintah mengeluarkan beberapa strategi demi mempercepat tercapainya program tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Ambisi Besar Pemerintah Menuntaskan Backlog Hunian Pada 2045

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.